Fitrotun, Fitrotun (2018) PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V MI. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (276kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (459kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran yang monoton mengakibatkan siswa menjadi bosan dalam belajar sehingga berdampak pada kurangnya ketertarikan terhadap pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bentuk komik sebelum dikembangkan sebagai media pembelajaran IPS kelas V MI, (2) Mengembangkan komik sebagai media pembelajaran IPS kelas V MI, (3) Mengetahui hasil akhir pengembangan komik sebagai media pembelajaran IPS kelas V MI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research and development. Prosedur pengembangan ini melalui beberapa tahap yaitu: (1) pengumpulan informasi dan penelitian awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk awal produk, (4) Uji lapangan awal, (5) revisi produk, (6) uji lapangan utama, (7) revisi produk operasional, (8) ujicoba lapangan, (9) revisi produk akhir, (10) Produksi massal. Media komik yang dikembangkan secara kuantitatif dan kualitatif layak digunakan dalam pembelajaran. Kelayakan media komik ditunjukkan oleh penilaian ahli materi sebesar 4,4 yang termasuk dalam kategori “sangat baik” dan penilaian ahli media sebesar 3,82 yang termasuk dalam kriteria “baik”. Sementara penilaian siswa dalam tahap uji kelompok terbatas sebesar 4,69. Nilai 4,69 dalam uji lapangan terbatas termasuk dalam kriteria “sangat baik”. Dalam uji efektifitas dari hasil pre test dan post test terjadi kenaikan 25,58%. Hal ini membuktikan bahwa komik sebagai media pembelajaran IPS efektif digunakan untuk pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 03:58 |
Last Modified: | 20 Aug 2018 03:58 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1231 |
Actions (login required)
View Item |