AZIZATUL, ALIYAH (2018) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA PESERTA DIDIK DI SMP AL-ISLAM GUNUNG PATI SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (362kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (797kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah atau di madrasah, dalam pelaksanaannya masih menunjukkan berbagai permasahalan yang kurang menyenangkan. Seperti halnya proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah saat ini masih sebatas sebagai proses penyampaian pengetahuan tentang Agama Islam.´ Hanya sedikit yang arahnya pada proses internalisasi nilai nilai Islam pada diri siswa. Hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran yang dilakukan guru masih dominan ceramah. Dalam upaya untuk merealisasikan pelaksanaan pendidikan agama Islam, guru dituntut untuk menguasai pengetahuan yang memadai dan teknik-teknik mengajar yang baik agar ia mampu menciptakan suasana pengajaran yang efektif dan efisien atau dapat mencapai hasil yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penelitian ini terfokus pada penelitian tentang metode pembelajaran yang digunakan oleh guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam pada peserta didik di SMP Al-Islam Gunungpati Semarang, dan nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang ditanamkan kepada peserta didik di SMP Al-Islam Gunungpati Semarang. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa 1) metode pembelajaran PAI yang di gunakan di SMP Al-Islam Gunungpati adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab, simulasi, demonstrasi, dan penugasan. Dari beberapa metode tersebut yang sering digunakan dalam setiap kegiatan belajar mengajar adalah metode ceramah dan tanya jawab. Dalam setiap kegiatan belajar mengajar guru selalu mengkombinasikan beberapa metode, dan dipilihnya beberapa metode tertentu bertujuan untuk memberi jalan atau cara sebaik mungkin bagi pelaksanaan dan kesuksesan operasional pembelajaran dan juga agar siswa tidak merasa bosan. 2) Nilai-nilai pendidikan Islam yang di tanamkan adalah nilai-nilai aqidah, ibadah, dan akhlaq. Beberapa pembinaan yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam pada peserta didik adalah pembinaan dengan keteladanan, pembinaan dengan adat kebiasaan, pembinaan dengan nasihat, pembinaan dengan pengawasan, pembinaan dengan ganjaran dan hukuman, dan pembinaan dengan hafalan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 01:36 |
Last Modified: | 20 Aug 2018 01:36 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1222 |
Actions (login required)
View Item |