Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS DENGAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS XI IPA1 DI MA FUTUHIYYAH KEC. MRANGGEN KAB. DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

AZIZ, MUZAKI (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS DENGAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS XI IPA1 DI MA FUTUHIYYAH KEC. MRANGGEN KAB. DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) bagaimana keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Al-Qur’an Hadis sebelum menggunakan metode Inquiry Learning pada siswa kelas XI IPA1 di MA 2 Futuhiyyah Mranggen Demak, 2) bagaimanakah keaktifan belajar peserta didik pada pelajaran Al-Qur’an Hadis setelah menggunakan metode Inquiry Learning pada siswa kelas XI IPA1 di MA 2 Futuhiyyah Mranggen Demak, 3) bagaimana peningkatan prestasi belajar peserta didik pada pelajaran Al-Qur’an Hadis setelah menggunakan metode Inquiry Learning pada siswa kelas XI IPA1 di MA 2 Futuhiyyah Mranggen Demak. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah PTK. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif, sedangkan tindakan kelas yang dilakukan adalah siklus kesatu pertemuan pertama sampai kedua sedangkan siklus kedua ada tiga pertemuan pula, sedangkan untuk menentukan nilai dilakukan penilaian siswa dan guru serta observasi. Prestasi belajar siswa sebelum penerapan metode Inquiry Learning pada materi Surat Al-Isro 29-33, Surat Al-Imron 180, Surat An –Nahl 94-97 dan Surat Al-Imron 92, di kelas XI IPA1 MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak menunjukkan hasil yang sangat rendah. Setelah dilakukan dengan menggunakan metode Inquiry Learning siswa mulai bersemangat dan aktif untuk mengikuti pembelajaran Al-Qur’an Hadis. Kegiatan pra-tindakan yang di lakukan oleh peneliti adalah memberikan pre-test kepada siswa untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Tes ini dijadikan acuan untuk melakukan pembelajaran pada siklus pertama. Hasilnya nilai rata-rata pada pre-tes adalah 58,40. Dari 26 siswa hanya 5 orang yang mampu mencapai nilai ketuntasan belajar (19,23%), sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 21 orang (80,76%). Prestasi belajar siswa kelas XI IPA1 MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak setelah dilakukan penelitian tindakan kelas terlihat bahwa pada siklus I yaitu nilai rata-rata 69,42 dan Siklus II yaitu nilai rata-rata 80,07. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada bidang studi Al-Qur’an Hadis materi Surat Al-Isro 29-33, Surat Al-Imron 180, Surat An –Nahl 94-97 dan Surat Al-Imron 92 antara sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas dan ssesudah dilakukan penelitian tindakan kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 16 Aug 2018 07:52
Last Modified: 16 Aug 2018 07:52
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1221

Actions (login required)

View Item View Item