Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEMESTER GASAL SISWA SMP N 2 GRINGSING BATANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Asih, Fitriana (2018) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEMESTER GASAL SISWA SMP N 2 GRINGSING BATANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Banyak faktor yang mempengaruhi peningkatan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar PAI, subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 2 Gringsing, jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 322 siswa, penelitian ini mengambil sampel 29% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 93 responden, metode pengumpulan data untuk variabel X 1 dan X 2 (perhatian orang tua dan kebiasaan belajar) menggunakan metode angket, variabel prestasi belajar menggunakan metode dokumen. Berdasarkan hasil uji hipotesis pertama dengan menggunakan analisis regresi sederhana, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar PAI semester gasal siswa SMP N 2 Gringsing Batang tahun pelajaran 2017/2018. Koefisien korelasi variabel prestasi belajar PAI dengan perhatian orang tua = 0,931 bertanda positif menunjukkan arah korelasinya positif. Sig. (1-tailed) = 0,000 lebih kecil dari 0,05. Maka hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima dengan terbukti kebenarannya. Persamaan regresinya: Y = 38,369 + 0,576X. Berdasarkan hasil uji hipotesis kedua dengan menggunakan analisis regresi sederhana, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar PAI semester gasal siswa SMP N 2 Gringsing Batang tahun pelajaran 2017/2018. Koefisien korelasi variabel prestasi belajar PAI dengan kebiasaan belajar = 0,92 bertanda positif menunjukkan arah korelasinya positif. Sig. (1-tailed) = 0,000 lebih kecil dari 0,05. Maka hipotesis yang peneliti ajukkan dapat diterima dengan terbukti kebenarannya. Persamaan regresinya: Y = 18,191 + 0,781X. Berdasarkan hasil uji hipotesis ketiga dengan menggunakan analisis regresi ganda, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar PAI. Koefisien korelasi antara prestasi belajar PAI dan nilai perhatian orang tua adalah 0,931, koefisien korelasi prestasi belajar PAI dan nilai kebiasaan belajar adalah 0,920, koefisien korelasi perhatian orang tua dan kebiasaan belajar adalah 0,908. Sig. (1-tailed) = 0,000 lebih kecil dari 0,05. Maka hipotesis yang peneliti ajukkan dapat diterima dengan terbukti kebenarannya. Persamaan regresinya dapat ditulis sebagai berikut: Y = 26,980 + 0,337X1 + 0,360X 2

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 16 Aug 2018 07:39
Last Modified: 16 Aug 2018 07:39
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1218

Actions (login required)

View Item View Item