Asih, Fitriana (2018) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEMESTER GASAL SISWA SMP N 2 GRINGSING BATANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (396kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (593kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Banyak faktor yang mempengaruhi peningkatan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar PAI, subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 2 Gringsing, jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 322 siswa, penelitian ini mengambil sampel 29% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 93 responden, metode pengumpulan data untuk variabel X 1 dan X 2 (perhatian orang tua dan kebiasaan belajar) menggunakan metode angket, variabel prestasi belajar menggunakan metode dokumen. Berdasarkan hasil uji hipotesis pertama dengan menggunakan analisis regresi sederhana, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar PAI semester gasal siswa SMP N 2 Gringsing Batang tahun pelajaran 2017/2018. Koefisien korelasi variabel prestasi belajar PAI dengan perhatian orang tua = 0,931 bertanda positif menunjukkan arah korelasinya positif. Sig. (1-tailed) = 0,000 lebih kecil dari 0,05. Maka hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima dengan terbukti kebenarannya. Persamaan regresinya: Y = 38,369 + 0,576X. Berdasarkan hasil uji hipotesis kedua dengan menggunakan analisis regresi sederhana, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar PAI semester gasal siswa SMP N 2 Gringsing Batang tahun pelajaran 2017/2018. Koefisien korelasi variabel prestasi belajar PAI dengan kebiasaan belajar = 0,92 bertanda positif menunjukkan arah korelasinya positif. Sig. (1-tailed) = 0,000 lebih kecil dari 0,05. Maka hipotesis yang peneliti ajukkan dapat diterima dengan terbukti kebenarannya. Persamaan regresinya: Y = 18,191 + 0,781X. Berdasarkan hasil uji hipotesis ketiga dengan menggunakan analisis regresi ganda, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar PAI. Koefisien korelasi antara prestasi belajar PAI dan nilai perhatian orang tua adalah 0,931, koefisien korelasi prestasi belajar PAI dan nilai kebiasaan belajar adalah 0,920, koefisien korelasi perhatian orang tua dan kebiasaan belajar adalah 0,908. Sig. (1-tailed) = 0,000 lebih kecil dari 0,05. Maka hipotesis yang peneliti ajukkan dapat diterima dengan terbukti kebenarannya. Persamaan regresinya dapat ditulis sebagai berikut: Y = 26,980 + 0,337X1 + 0,360X 2
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 07:39 |
Last Modified: | 16 Aug 2018 07:39 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1218 |
Actions (login required)
View Item |