Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA GURU MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA MIFTAHUSSALAM WONOSALAM DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

AKHMAD, IRKHAM (2018) UPAYA GURU MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA MIFTAHUSSALAM WONOSALAM DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
halaman depan.pdf

Download (937kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Seorang guru adalah tenaga professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Guru bertanggung jawab melaksanakan kegiatan pendidikan sedemikian hingga guru bertugas dalam memberikan bimbingan dan pengajaran kepada peserta didik. Tanggung jawab ini direalisasikan dalam menuntun peserta didik, menganalisis kesulitan belajar dan menilai kemajuan peserta didik. Peserta didik dikatakan berhasil apa bila hasil belajar yang didapatkan baik. Keberhasilan siswa dapat dilihat dari sejauh apa usaha yang dilakukan guru. Guru merupakan sarana bagi siswa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menjelaskan bagaimana upaya guru mata pelajaran SKI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran SKI di MA Miftahussalam Wonosalam Demak. (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam mewujudkan upaya Guru Mata Pelajaran SKI untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Mata Pelajaran SKI di MA Miftahussalam Wonosalam Demak. (3) Untuk mengetahui solusi yang diberikan guru mata pelajaran SKI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran SKI di MA Miftahussalam Wonosalam Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data berupa metode observasi, metode wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa prestasi belajar siswa mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MA Miftahussalam Wonosalam Demak terbilang cukup baik. Guru SKI mengupayakan prestasi belajar siswa dengan perencanan yang baik, metode pembelajaran yang variatif, sarana dan prasarana memadai dll. Sedangkan kendala yang dihadapi guru mata pelajaran SKI adalah, kurangnya jam pelajaran, kurangnya munat dalam belajar, pengaruh teman sebaya, perbedaan latar belakang pendidikan dll. Solusi yang diberikan guru mata pelajaran SKI untuk meningkatkan pretasi belajar siswa adalah menambah jam pelajaran, membina peserta didik, memebrikan motivasi, memaksimalkan penggunana sarana dan prasarana dan supervisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 16 Aug 2018 07:23
Last Modified: 16 Aug 2018 07:23
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1215

Actions (login required)

View Item View Item