Abdul, Mutholib (2018) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI MTs MIFTAHUL ULUM NGEMPLAK Kec. MRANGGEN Kab. DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (957kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (332kB) | Preview |
|
Text
bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (496kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: Pertama, keaktifan siswa dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Kedua, kedisiplinan belajar siswa. Ketiga, keaktifan siswa dalam OSIS terhadap kedisiplinan belajar siswa, subyek dalam penelitian ini adalah semua anggota OSIS di MTs Miftahul Ulum, penelitian ini merupakan penelitian populasi 100% dengan populasi 27 respoden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan deskriftif analisis. Sedangkan untuk metode pengumpulan data dengan cara (1) Angket, (2) Observasi, (3) Wawancara, (4) Dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa dalam OSIS terhadap kedisiplinan belajar siswa, menggunakan koefesien korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata variabel X (keaktifan siswa dalam OSIS) adalah 49. Setelah di cocokkan pada tabel kualitas variabel X masuk dalam kategori “sangat baik”, yaitu terdapat pada interval 48,75-60. Sedangkan dari hasil penelitian variabel Y (kedisiplinan belajar siswa) diketahui rata-rata adalah 50. Setelah di cocokkan pada tabel kualitas variabel Y dalam kategori “sangat baik” yaitu terdapat pada interval 48,75-60. Dan dari uji statistik dengan menggunakan korelasi product moment maka hipotesis yang menyatakan: “ada pengaruh yang signifikan antara keaktifan siswa dalam OSIS terhadap kedisiplinan belajar siswa di MTs Miftahul Ulum, dari hasil perhitungan pada taraf signifikansi 5% maupun 1% dapat diterima, hal ini dibuktikan bahwa dari analisis uji hipotesis diperoleh nilai r xy adalah 0,505 dibandingkan dengan taraf signifikansi 5%, r xy =(0,505>0,381), dari perbandingan tersebut terlihat bahwa angka r xy lebih besar angka dari “r” tabel ini berarti ada pengaruh hubungan (korelasi) yang signifikan antara kedua variabel tersebut, dan pada taraf signifikansi 1% r xy = (0,505>0,487), dari perbandingan tersebut terlihat bahwa angka r xy lebih besar angka dari “r” tabel, ini berarti ada hubungan (korelasi) yang signifikan pula antara kedua variabel tersebut. Dengan demikian, baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% yang menunjukan adanya angka yang lebih besar, ini artinya ada pengaruh antara keaktifan siswa OSIS terhadap kedisiplinan belajar siswa di MTs Miftahul Ulum, sehingga hipotesis yang diajukan diterima, dan dapat dibuktikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 04:50 |
Last Modified: | 16 Aug 2018 04:50 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1210 |
Actions (login required)
View Item |