Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA DALAM MENGHAFAL QS. AL-BAYYINAH PADA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI KELAS III SD DARUSSALAM KEMBANGARUM SEMARANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018

NUR, HIKMAH (2018) IMPLEMENTASI METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA DALAM MENGHAFAL QS. AL-BAYYINAH PADA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI KELAS III SD DARUSSALAM KEMBANGARUM SEMARANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (881kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (660kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui Pelaksanaan Metode dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dengan Metode Pembelajaran Index Card Match di kelas III SD Darussalam Kembangarum Semarang Barat Tahun Ajaran 2017/2018, (2) Untuk mengetahui Pembelajaran dengan Metode Index Card Match dapat meningkatkan Daya Ingat Menghafal Siswa pada Mata Pelajaran Baca Tulis Al-qu’an di Kelas III SD Darussalam Kembangarum Semarang Barat. Untuk mendapatkan data penelitian maka peneliti menggunakan metode test dan observasi dengan teknik menghitung rerata. Subyek penelitian 38 siswa yang merupakan populasi sebanyak 38 siswa. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistic Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1)Prestasi belajar siswa kelas III SD Darussalam untuk materi Qs. Al-Bayyinah dapat dilihat pada hasil nilai evalusai pada tahap per silkus. Nilai yang didapat dari evalusai pada Pra siklus adalah rata-rata kelas 63, siklus I adalah 69 dan pada siklus II adalah 74 dan hasil rata-rata telah melebihi nilai KKM sebesar 70. (2) Metode Index Card Match didalam proses pembelajaran ternyata memudahkan dan memotivasi siswa dalam menghafal Qs. Al-Bayyinah. Minat dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode Index Card Match meningkat, hal ini bisa dilihat pada tabel keaktifan siswa pada tahap pra siklus hanya 43%, dilanjutkan pada tahap siklus I menjadi 62% dan siklus II menjadi 80%. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru pada setiap siklus mengalami peningkatan, hal ini dikarenakan setelah siklus diadakan refleksi ulang untuk kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru. Pada tahap pra siklus rerata hafalan siswa hanya 53,6% , kemudian tahap siklus I menjadi 63,2% dan siklus II menjadi 78,6%. (3) Penggunaan metode Index Card Match dapat meningkatkan daya ingat siswa dari dimana ketuntasan kelas pada pra siklus 45%, siklus I 58% dan siklus II menjadi 81,54% yang artinya ada peningkatan pada siklus II dari tahap pra siklus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 15 Aug 2018 08:07
Last Modified: 15 Aug 2018 08:07
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1205

Actions (login required)

View Item View Item