MAZIDATUR, ROHMAH (2018) PENGARUH FUN LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MI AL-AMIN BONGSARI SEMARANG BARAT. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (402kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (437kB) | Preview |
Abstract
Motivasi belajar adalah seluruh daya penggerak psikis yang ada dalam diri individu siswa yang dapat memberikan dorongan untuk belajar demi mencapai tujuan dari belajar tersebut. Dorongan untuk belajar demi mancapai tujuan dari belajar itu dapat diciptakan dengan strategi pembelajaran yang tepat. Motivasi belajar siswa dapat meningkat apabila guru dapat memberikan strategi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, diantaranya adalah pembelajaran fun learning. Rumusan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan: Adakah pengaruh fun learning terhadap motivasi belajar siswa MI Al-Amin Bongsari Semarang Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Untuk mengetahui adakah pengaruh fun learning terhadap motivasi belajar siswa MI AlAmin Bongsari Semarang Barat Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) observasi (2) angket dan (3) dokumentasi. Analisis pengumpulan data menggunakan (1) analisis pendahuluan (2) analisis uji hipotesis (3) analisis lanjut. Simpulan penelitian yaitu Adanya pengaruh fun learning terhadap motivasi belajar siswa MI Al Amin Bongsari Semarang Barat ditemukan rxy = 0,781, kemudian dikonsultasikan pada “r tabel” product moment df= 15, pada taraf signifikansi 5% diperoleh tabel r = 0,514 pada taraf signifikansi 1 % diperoleh nilai tabel r = 0,641, maka diketahui rxy lebih besar dari r tabel baik taraf signifikan 5% maupun 1%, maka hipotesis nol (H 0 ) ditolak dan hipotesis alternatif (H a) diterima. Berarti terbukti terdapat korelasi positif yang signifikan antara variabel x (fun learning) dengan variabel y (motivasi belajar siswa) berarti ada korelasi antara fun learning terhadap motivasi belajar siswa MI Al Amin Bongsari Semarang Barat. Sehingga semakin banyak atau baik pembelajaran fun learning dalam proses belajar mengajar, maka semakin baik pula motivasi belajar siswa dikelas V MI Al Amin Bongsari Semarang Barat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 15 Aug 2018 08:05 |
Last Modified: | 15 Aug 2018 08:05 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1204 |
Actions (login required)
View Item |