Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE TALKING STICK MATERI PERJUANGAN PARA TOKOH DAERAH DALAM MELAWAN PENJAJAH BAGI SISWA KELAS V MI RAUDLATUT THALIBIN JAMBU SARI MLONGGO JEPARA 2016/2017

LUKLUUL, ISTIFADAH (2018) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE TALKING STICK MATERI PERJUANGAN PARA TOKOH DAERAH DALAM MELAWAN PENJAJAH BAGI SISWA KELAS V MI RAUDLATUT THALIBIN JAMBU SARI MLONGGO JEPARA 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) mendiskripsikan bagaimana penggunaan metode Talking stick dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V di MI Raudlatut Thalibin Jambu Sari Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan prestasi belajar siswa melalui penggunanan metode Talking Stick dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V di MI Raudlatut Thalibin Jambu Sari Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research) dengan jenis kolaboratif partisipatoris yaitu partisipasi antara guru, peneliti, dan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif karena data yang dikumpulkan berasal dan basil observasi, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan memo dan dokumen lain. Sesuai desain penelitian. dimana penelitian dirancang dalam beberapa siklus, jika siklus I hasilnya belum sama dengan landasan teori maka dapat dilakukan siklus II. Siklus II dapat dilaksanakan setelah perbaikan-perbaikan pada sikius I. Peneliti menganalisis data yang telah diperoleh untuk memastikan bahwa dengan menggunakan metode Talking Stick terdapat peningkatan prestasi belajar siswa terhadap materi pelajaran IPS. Pembelajaran pembelajaran kooperatif dengan metode Talking Stick (tongkat berbicara) ialah metode pembelajaran dengan media tongkat yang diberikan kepada siswa, siswa yang menerima tongkat tersebut diwajibkan menjawab pertanyaan dari guru secara bergantian. Antusiasme peserta didik kelas V MI Raudlatut Thalibin Jambu Sari Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2016/2017 dalam mengikuti pembelajaran IPS materi perjuangan para tokoh daerah dalam melawan penjajah sangat baik pada tahap siklus II. Hal ini karena siswa mulai memahami dan menyiapkan materi pelajaran setelah adanya refleksi dan revisi yang dilakukan peneliti dalam siklus I. Capaian nilai siswa adalah : siklus I nilai terendah 37 sedangkan pada siklus II nilai terendah 76. Sedangkan siklus I nilai tertinggi 71 sedangkan pada siklus II nilai tertinggi 96. Untuk capaian ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 17 % sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus II adalah 100 %. Sedangkan pada prosentase peningkatan aktifitas siswa siswa siklus I sebesar 64 % serta siklus ke II 82%. Dari capian yang diperoleh jelas menunjukkan bahwa upaya peningkatan prestasi belajar mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif dengan Metode Talking Stick materi perjuangan para tokoh daerah dalam melawan penjajah bagi siswa kelas V MI Raudlatut Thalibin Jambu Sari Mlonggo Jepara 2016/2017 telah tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 15 Aug 2018 08:00
Last Modified: 15 Aug 2018 08:00
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1203

Actions (login required)

View Item View Item