Diah, Ayu Nitasari (2018) PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT BENDA DAN PERUBAHAN SIFAT BENDA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS III MI PERMATA BELIA NGALIYAN SEMARANG TAHUN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (551kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan data observasi di kelas III MI Permata Belia Ngaliyan Semarang ditemukan masalah yaitu tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA materi sifat benda dan perubahan sifat benda masih rendah dan dalam pembelajarannya guru masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, tanpa adanya praktik maupun percobaan dan hanya mengandalkan materi-materi di buku maupun di dalam LKS. Sehingga dalam pembelajaran siswa kurang tertarik dan kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Rumusan masalah adalah: bagaimana penerapan model Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPA materi sifat benda dan perubahan sifat benda di kelas III MI Permata Belia Ngaliyan Semarang? Dan adakah peningkatan keaktifan belajar siswa dalam penerapan model Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPA materi sifat benda dan perubahan sifat benda di kelas III MI Permata Belia Ngaliyan Semarang? . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dalam mata pelajaran IPA materi sifat benda dan perubahan sifat benda untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas III MI Permata Belia Ngaliyan Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari pra siklus-siklus II yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III MI Permata Belia Ngaliyan Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus tingkat keaktifan siswa masih rendah yaitu 46,5%, siklus I sebesar 61% dan pada siklus II sebesar 82 %. Pada siklus II sudah memenuhi kriteria sehingga sudah tidak dilakukan tindakan siklus selanjutnya. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan model Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPA materi sifat benda dan perubahan sifat benda dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada siswa kelas III MI Permata Belia Ngaliyan Semarang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 15 Aug 2018 07:33 |
Last Modified: | 15 Aug 2018 07:33 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1198 |
Actions (login required)
View Item |