Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGEMBANGAN MEDIA AJAR WHITEBOARD ANIMATION BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM RANGKA MANUSIA SISWA KELAS IV SDIT BAIK KRAPYAK KULON SEWON BANTUL

Anis, Rahmawati (2018) PENGEMBANGAN MEDIA AJAR WHITEBOARD ANIMATION BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM RANGKA MANUSIA SISWA KELAS IV SDIT BAIK KRAPYAK KULON SEWON BANTUL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bentuk whiteboard animation berbasis Sparkol VideoScribe sebelum dikembangkan sebagai media ajar untuk pembelajaran IPS mata pelajaran IPA materi Sistem Rangka Manusia siswa kelas IV SD/ MI yang ada selama ini, (2) mengetahui tahapan pengembangan media ajar whiteboard animation berbasis Sparkol VideoScribe untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA materi Sistem Rangka Manusia siswa kelas IV SDIT Baik Krapyak Sewon Bantul, dan (3) mengetahui hasil akhir pengembangan whiteboard animation berbasis Sparkol VideoScribe setelah dikembangkan sebagai media ajar untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA materi Sistem Rangka Manusia siswa kelas IV SDIT Baik Krapyak Sewon Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Orientasi dari penelitian dan pengembangan ini adalah media ajar berbasis Sparkol ® VideoScribe yang berupa whiteboard-animation. Model pengembangan yang digunakan oleh peneliti adalah jenis model pengembangan yang diadaptasi dari model Borg&Gall (1983) dengan langkah-langkah pengembangan secara umum terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan (studi pendahuluan), pengembangan desain produk, validasi dan revisi produk dan diseminasi. Berdasarkan hasil penelitian media whiteboard animation yang dikembangkan untuk materi “Sistem Rangka Manusia” secara kuantitatif dan kualitatif layak digunakan dalam pembelajaran. Kelayakan media whiteboard animation ditunjukkan oleh penilaian ahli materi sebesar 4.134 yang termasuk dalam kategori “baik” dan penilaian ahli media sebesar 4.1 yang termasuk dalam kriteria “baik”. Sementara dalam uji efektifitas dari hasil pre-test dan post-test terjadi kenaikan sebesar 33,93%. Hal ini membuktikan bahwa media whiteboard animation efektif sebagai salah satu media pembelajaran IPA untuk materi ajar Sistem Rangka Manusia. Meskipun demikian, perlu dilakukan pengembangan lanjutan untuk mengetahui keefektifan media ajar whiteboard animation ini untuk pembelajaran tematik integratif sesuai dengan ketentuan pada kurikulum 2013, karena pada saat ini (tahun pelajaran 2015/2016) sebagian besar sekolah dasar telah mulai beralih dan mengimplementasikan kurikulum 2013 secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 15 Aug 2018 06:21
Last Modified: 15 Aug 2018 06:21
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1195

Actions (login required)

View Item View Item