Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN ATLETIK LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DI SMP NEGERI 23 SEMARANG

Andika Budi Kurniawan, Andika Budi Kurniawan (2017) PENGARUH GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN ATLETIK LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DI SMP NEGERI 23 SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (822kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah hasil belajar atletik lompat jauh gaya jongkok kelas VII SMP Negeri 23 Semarang yang kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar resiprokal terhadap lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VII di SMP Negeri 23 Semarang. Metode dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian kuant itatif dengan metode penelitian eksperimen yang dikembangkan dengan pretest posttest control design. Populasi dan sampel pada penelitian ini menggunakan rancangan purposive sampling yaitu siswa SMP Negeri 23 semarang sebanyak dua kelas tiap kelas 32 siswa. Analisis data menggunakan statistik uji - t dengan batas kritis 0,05 dan df= n - 1. Hasil analisis data menggunakan batas kritis 0,05 menunjukan ada pengaruh penggunaan gaya mengajar resiprokal karena t hitung (6.664) >ttabel(2.03). Penggunaan gaya resiprokal berpengaruh lebih baik ditunjukan dengan mean 82.1875 dibanding dengan yang tidak menggunakan gaya resiprokal diperoleh mean 71.2500. Pembelajaran dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal lebih efektif dan mendapat hasil yang lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa gaya mengajar resiprokal berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, pengaruh yang signif ikan dibandingkan pembelajaran yang menggunakan gaya mengajar konvensional di SMP Negeri 23 Semarang. Kesimpulannya adalah gaya mengajar resiprokal berpengaruh terhadap hasil belajar atletik lompat jauh gaya jongkok di kelas VII SMP Negeri 23 Semarang. Guru pendidikan jasmani hendaknya lebih mengerti bagaimana cara menerapkam gaya mengajar yang tepat sehingga akan mendapatkan pembelajara n yang efektif, efisien dan mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 20 Jun 2017 03:02
Last Modified: 20 Jun 2017 03:02
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/826

Actions (login required)

View Item View Item