Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN GENAP DAN BILANGAN GANJIL MELALUI METODE DEMONSTASI KELAS II MI AL IMAN BANARAN GUNUNGPATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SITI, RUBIAH (2019) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN GENAP DAN BILANGAN GANJIL MELALUI METODE DEMONSTASI KELAS II MI AL IMAN BANARAN GUNUNGPATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan tujuan penelitian ini dilakukan dengan mengkaji beberapa hal, yaitu : 1) Untuk mengetahui bagaimana Penerapan Metode Demonstrasi di kelas II MI Al Iman Banaran Gunungpati tahun pelajaran 2017/2018. 2) Untuk mengetahui apakah dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman siswa materi bilangan genap dan bilangan ganjil mata pelajaran Matematika kelas II MI Al Iman Banaran Kecamatan Gunungpati tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode demonstrasi Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) atau PTK. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah berusaha untuk membahas pemahaman siswa pada mata pelajaran Matematika materi bilangan genap dan bilangan ganjil. Data yang sudah didapat dianalisis untuk memastikan bahwa dengan menerapkan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap pelajaran Matematika materi bilangan genap dan bilangan ganjil di kelas II di MI Al Iman Banaran. Simpulan penelitian menunjukkan :dari segi keaktifan siswa pada siklus I siswa mendemonstrasikan 100 %, berdiskusi 62,96 bertanya 55,55% dan menjawab pertanyaan 81,48%, pada siklus II mendemonstrasikan 100%, berdiskusi 88,88%, bertanya 74,07%, dan menjawab pertanyaan 88,88%. Dalam segi pemahaman pada pra siklus terdapat 11 siswa yang tuntas atau 40,74%, kemudian pada siklus I terdapat 16 siswa yang sudah tuntas atau 59,25%, sedangkan pada siklus II terdapat 24 siswa yang sudah tuntas, atau 88,88% pada siklus II. Dengan demikian penerapan metode demonstrasi sangat efektif untuk pembelajaran Matematika materi bilangan genap dan ganjil Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Mata Pelajaran Matematika, bilangan genap,bilangan ganjil Metode Demonstrasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 03 Jan 2020 07:19
Last Modified: 03 Jan 2020 07:19
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2218

Actions (login required)

View Item View Item