Naila, Alimah (2019) KORELASI HAFALAN JUZ „AMMA DENGAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS SALAFIYAH KALANGLUNDO NGARINGAN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (693kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (623kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (582kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
hafalan Juz „Amma adalah juz ke 30 dari kitab suci Al-Qur‟an yang dihafalkan sesorang. Dengan hafalan juz „amma membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran Aqidah Akhlak. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi Hafalan Juz „Amma dengan prestasi belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas VIII B MTs Salafiyah kalanglundo ngaringan grobogan tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian digunakan penelitian adalah field Research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan pendekatan kuantitatif berarti menekankan analisis pada data numerikall (angka) yang dikumpulkan dengan metode tes. Dan analisisnya menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menyatakan berikut: 1) Hafalan Juz „Amma peserta didik melalui Tes Lisan yang dilakukan oleh peneliti secara keseluruhan menunjukan bahwa nilai rata-ratanya baik, ini terlihat dari nilai rata-rata sebesar 71 yang termasuk dalam interval 70-75. 2) Prestasi mata pelajaran Aqidah Akhlak peserta didik kelas VIII B MTs Salafiyah Kalanglundo Ngaringan Grobogan tergolong baik, ini dilihat dari nilai rata-rata sebesar 80 yang termasuk dalam interval 80-81. 3) Hasil penelitian menunujkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara Hafalan Juz „Amma dengan prestasi belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas VIII B MTs Salafiyah Kalanglundo Ngaringan Grobogan tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini terbukti berdasarkan perhitungan statistik, dengan menggunakan rumus korelasi Product moment yang hasilnya sebagai berikut: r tabel pada taraf signifikan 5%= 0, 433, r tabel pada taraf signifikan 1%= 0,549. Berdasarkan analisis kuantitatif koefisien korelasi product moment (r xy ) = 0,743. Hasil tersebut kemudian diinterpretasikan secara sederhana dan dikonsultasikan pada r tabel pada taraf signifikan 1% (0,743 > 0,549) dan pada taraf 5% (0,743 > 0,433). Karena nilai r hitung lebih besar dari r tabel baik pada taraf signifikan 1% maupun 5% maka terdapat korelasi positif antara variabel hafalan juz „amma dengan variabel prestasi belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas VIII B MTs Salafiyah Kalanglundo Ngaringan Grobogan Tahun Pelajaran 2018/2019. Dengan demikian Ha yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dalam hafalan juz „amma dengan prestasi belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas VIII B MTs Salafiyah Kalanglundo Ngaringan Grobogan Tahun Pelajaran 2018/2019, bisa diterima Kata kunci : korelasi, Hafalan Juz „Amma, Prestasi Aqidah Akhlak
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 06:27 |
Last Modified: | 27 Dec 2019 06:27 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2158 |
Actions (login required)
View Item |