Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AP 1 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK SULTAN FATTAH DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Eni, Endang Sari (2019) PENGARUH PENERAPAN METODE THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AP 1 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK SULTAN FATTAH DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (889kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (520kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Metode the learning cell (sel belajar) salah satu dari beberapa system terbaik untuk membantu pasangan peserta didik belajar dengan lebih efektif adalah “learning cell” yang dikembangkan oleh Goldscmid dari Swiss Federal Institute of Technology di Lausanne. The learning cell atau peserta didik berpasangan, menunjuk pada suatu bentuk belajar cooperatif dalam bentuk berpasangan, dimana peserta didik bertanya dan menjawab pertanyaan secara bergantian berdasarkan materi bacaan yang sama. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penggunaan metode the learning cell dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMK Sultan Fattah Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMK Sultan Fattah Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. (3) Untuk mengetahui tentang ada tidaknya pengaruh anatara metode the learning cell dengan hasil belajar dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMK Sultan Fattah Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan penelitian file research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data kuesioner, observasi, dokumentasi dan wawancara, dan analisisnya menggunakan rumus korelasi Product Moment, penelitian kuantitatif yang digunaka n penulis yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan kelas kontrol. Sehingga bisa ditarik kesimpulan untuk pre test kelas XI AP 1 kelas eksperimen dan pre test kelas XI AP 2 kelas kontrol sama -sama memperoleh nilai rata-rata 77 dan nilai post tes kelas XI AP 1 kelas eksperimen yang mendapat tritmen atau perlakuan disini memperoleh nilai rata -rata 80 untuk kelas XI AP 2 kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 78.Untuk kelas XI AP 1 nilai post test mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mendapatkan nilai rata-rata 80 hal ini dapat disimpulkan bahwa yang mendapatkan tritmen atau perlakuan disini variabel hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama berada dalam interval 78-80 atau dalam kategori cukup. Hasil analisis statistic korelasi product moment Pengaruh Penerapan Metode The Learning Cell Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI AP 1 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Sultan Fattah Demak didapatkan adalah 0,400 hasil perhitungan tersebut menunjukkan adanya korelasi signifikan antara variabel (X) independen yaitu metode the learning cell dengan variabel (Y) dependen yaitu hasil belajar. Untuk jumlah responden 48 dalam taraf signifikansi 5% = 0,291dan tarafsignifikan 1% =0,376. Dengan demikian dapat diinterpretasikan bahwa ada pengaruh metode the learning cell terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci: Metode The Learning Cell, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 18 Dec 2019 03:26
Last Modified: 18 Dec 2019 03:26
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2114

Actions (login required)

View Item View Item