Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI HUBUNGAN ANTAR MAHLUK HIDUP MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE KELAS IV SEMESTER GASAL MI AL ISLAM MANGUNSARI 02 GUNUNGPATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SUPRIYADI, SUPRIYADI (2019) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI HUBUNGAN ANTAR MAHLUK HIDUP MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE KELAS IV SEMESTER GASAL MI AL ISLAM MANGUNSARI 02 GUNUNGPATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (641kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA di kelas IV MI Al Islam Mangunsari 02 Gunungpati Kota Semarang masih dibawah KKM. Nilai-nilai tersebut diperoleh karena siswa merasa kesulitan untuk menerima dan memahami materi pelajaran IPA. Keadaan tersebut dikarenakan minimnya sarana dan prasarana serta model mengajar guru yang menggunakan metode yang kurang tepat sehingga membosankan bagi siswa. Kemudian untuk mengurai masalah tersebut peneliti berusaha menerapkan sebuah metode yang disebut dengan picture and picture, selanjutnya bagaimanakah penerapan metode pembelajaran picture and picture dalam pembelajaran IPA di MI Al Islam Mangunsari 02, dan apakah penerapan metode tersebut akan dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV MI Al Islam Mangunsari 02 Gunungpati Semarang. Dari masalah di atas, mendorong penulis untuk mengadakan penelitian dengan mengambil judul “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Pada Materi Hubungan Antar Mahluk Hidup Menggunakan Metode Picture and picture Kelas IV Semester Gasal MI Al Islam Mangunsari 02 Gunungpati” Metode penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode PTK ini meliputi beberapa tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Proses penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dan 1 pra siklus. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah meningkatnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi hubungan antar mahluk hidup. Dengan metode tersebut peneliti melihat adanya peningkatan prestasi yang signifikan hal tersebut dilihat dari adanya peningkatan nilai tes siswa dan aktivitas belajar siswa. Siswa dikatakan tuntas jika siswa mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan70. Pada pra siklus dari 23 anak yang memiliki nilai tuntas sebanyak 8 siswa ( 34,80% ) dan 15 siswa belum tuntas ( 65,80% ) hasil pada siklus I dari 23 siswa yang memiliki nilai tuntas adalah 21 siswa (91,30 %) dan dua siswa sisw belum tuntas (8,70%) Dan kegiatan siklus II berhasil jika siswa yang dapat mencapai ketuntasan 22 siswa atau kalau diprosentasekan sebesar ( 95,70%) dan 1 siswa yang belum tuntas atau (4,30%) dengan nilai rata-rata 80,65 dari jumlah siswa yang ada. Hasil penelitian yang berdasarkan analisis diatas menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode picture and picture pada materi hubungan antar mahluk hidup mencapai keberhasilan yang memuaskan Kata kunci: Prestasi Belajar IPA, Metode picture and picture

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 17 Oct 2019 03:43
Last Modified: 17 Oct 2019 03:43
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1776

Actions (login required)

View Item View Item