Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERPUJI NABI DAN RASUL MELALUI METODE GALLERY WALK DI KELAS IV MI TSAMROTUL HUDA 2 JATIROGO BONANG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

KHUS’UN, NAFISAH (2019) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERPUJI NABI DAN RASUL MELALUI METODE GALLERY WALK DI KELAS IV MI TSAMROTUL HUDA 2 JATIROGO BONANG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (486kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran mengenai Akhlak terpuji bagi Nabi dan Rasul, maka tidak hanya sekedar teori tetapi perlu menampilkan sesuatu yang mengesankan, siswa bekerjasama dalam kelompok saling memberi apresiasi dan koreksi yang menjadikan sebuah pengalaman langsung bagi dirinya. Pengalaman yang kongkrit dan langsung inilah yang tidak akan mudah sirna dalam ingatan siswa. Penelitian yang dilakukan di kelas IV MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo peneliti menggunakan penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru dalam membentuk kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Selain itu cara yang bisa dikembangkan dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di kelas IV MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo Bonang Demak adalah metode gallery walk (pameran berjalan), pameran berjalan merupakan suatu pembelajaran yang membangun kerjasama kelompok dan saling memberi apresiasi dan koreksi dalam pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Gallery Walk dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas IV MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi akhlak terpuji Nabi dann Rosul. Berdasarkan lembar observasi hasil aktifitas siswa pada siklus I dengan presentase 59% dan termasuk dalam kriteria siswa cukup aktif, sedangkan pada siklus II keaktifan siswa meningkat dengan persentase 87% dan termasuk pada kriteria siswa sangat aktif. Jadi peningkatan keaktifa siswa sudah memenuhi kriteria presentase sekurang-kurangnya 85%.Selain keaktifan siswa yang meningkat, pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Gallery Walk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi akhlak terpuji Nabi dann Rosul. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 5,88 dan presentase ketuntasan belajar 28%, kemudian pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 8,28 dan presentase ketuntasan belajar 88%. Maka dapat disimpulkan prestasi belajar siswa IV MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo meningkat dengan sudah memenuhi kriteria ketuntasan sekurang-kurangnya 85% dari jumlah seluruh siswa. Kata Kunci : Keaktifan, Prestasi belajar, Akhlak Terpuji Nabi dan Rosul, GalleryWalk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 11 Oct 2019 02:43
Last Modified: 11 Oct 2019 02:43
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1755

Actions (login required)

View Item View Item