Khumaedah, Khumaedah (2019) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MAPEL AL QUR’AN HADITS MATERI SURAH AD-DZUHA MELALUI PENERAPAN METODE DRILL KELAS VI MI NURUSSIBYAN RANDUGARUT KECAMATAN TUGU TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik dalam belajar Mata Pelajaran Mapel Al-Qur’an Hadits Materi Surah Ad-Dzuha Melalui Penerapan Metode Drill Kelas VI MI Nurussibyan Randugarut Kecamatan Tugu Tahun Ajaran 2016/2017. Kajiannya dilator belakangi oleh Rendahnya kemampuan menghafal Al Qur’an Hadits siswa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana penerapan metode drill dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI pada Materi Surah Ad-Dzuha Melalui Penerapan Metode Drill Kelas VI MI Nurussibyan Randugarut Kecamatan Tugu Tahun Ajaran 2016/2017? (2) Apakah metode drill dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Materi Surah Ad-Dzuha Melalui Penerapan Metode Drill Kelas VI MI Nurussibyan Randugarut Kecamatan Tugu Tahun Ajaran 2016/2017?. Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik kelas VI MI Nurussibyan Tugu Kota Semarang. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VI sebelum penelitian tindakan, dapat diketahui bahwa metode yang diberikan guru pada materi pelajaran materi pokok Perubahan Pada Surah Ad-Dzuha masih menggunakan metode ceramah, peserta didik menunjukkan sikap yang kurang aktif dan cenderung pasif dalam mengikuti pelajaran. Hal ini dapat dilihat pada saat proses pembelajaran itu berlangsung. Selama proses pembelajaran, beberapa dari peserta didik tersebut tidak memperhatikan penjelasan materi yang diberikan oleh guru. Obyek penelitian ini adalah di MI Nurussibyan Kota Semarang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan kelas V I untuk penerapan pembelajaran melalui penerapan metode driil yang jumlah siswanya ada 18 peserta didik. Metode driil dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, peserta didik menjadi aktif dalam belajar dan hasil belajar menjadi maksimal. Hal ini dapat dilihat dari sebelum yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pada pra siklus ratarata hasil belajar 59.44 pada siklus I meningkat menjadi 68.33 dan pada siklus II bertambah meningkat menjadi 71,61. Demikian pula persentase ketuntasan belajar dari pra siklus 24 %, pada siklus I meningkat menjadi 70 % dan pada siklus II bertambah meningkat menjadi 92 %. Sehingga tidak perlu melanjutkan pada siklus berikutnya dikarenakan KKM dan persentase ketuntasan telah tercapai. Temuan ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan atau masukan untuk pihak sekolah dalam mengadakan peningkatan kualitas sekolah dengan adanya perbaikan prestasi siswa, dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik sesudah diterapkan metode Driil dari sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukkan ada relevansinya dan sesuai dengan Pendidikan Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Kelas VI MI Nurussibyan Randugarut Kecamatan Tugu Tahun Ajaran 2016/2017, secara sederhana bisa dikatakan bahwa aplikasi Model Pembelajaran Drill terhadapan Pendidikan Siswa Madrasah Ibtidaiyah adalah selaras dan sangat berguna, hal ini dapat dilihat dari tujuan yang ingin dicapai di Nurussibyan yaitu menjadikan siswanya yang cerdas dan bertaqwa kepada Allah SWT, hal ini tidak jauh beda dengan tujuan yang ingin dicapai dalam Pendidikan Siswa Madrasah Ibtidaiyah secara umumKata Kunci : Metode Drill, Prestasi Belajar, Mapel Al-Qur’an Hadits Materi Surah Ad-Dzuha Melalui Penerapan Metode Drill Kelas VI.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 11 Oct 2019 02:40 |
Last Modified: | 11 Oct 2019 02:40 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1754 |
Actions (login required)
View Item |