Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PREPARE,ORGANIZE,WORK,EVALUATE, DAN RETHINK (POWER) MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MATERI KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS DI KELAS VI C SEMESTER 1 MI NURUL NURUL ITTIHAD BABALAN KEC. WEDUNG KAB. DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

KHOIRUDIN, KHOIRUDIN (2019) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PREPARE,ORGANIZE,WORK,EVALUATE, DAN RETHINK (POWER) MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MATERI KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS DI KELAS VI C SEMESTER 1 MI NURUL NURUL ITTIHAD BABALAN KEC. WEDUNG KAB. DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (950kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (670kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Prestasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan, baik secara individu maupun kelompok. Strategi Pembelajaran POWER adalah Strategi Pembelajaran untuk menigkatkan prestasi dan kemampuan belajar siswa melalui persiapan segala sesuatu sebelum pembelajaran di mulai, membentuk kelompok kecil/organisasi di ruang kelas, melatih/penyampaian materi yang diajarkan, mengevaluasi prestasi/hasil pekerjaan siswa dan mengulang kembali materi yang belum tuntas/tercapai. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas ini karena peneliti mempunyai alasan dapat terjun langsung dan ikut berperan dalam proses pembelajaran, sehingga peneliti akan lebih mengetahui kondisi dan keadaan siswa secara langsung dan riil. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan/observasi dan refleksi. Pembelajaran IPA kepada siswa dapat menguatkan keyakinan kepada Allah SWT, menambah ilmu, meningkatkan hasil prestasi dan keterampilan siswa setelah melakukan observasi, eksperimentasi, penyimpulan, penyusunan teori agar siswa mempunyai pengetahuan, gagasan dan konsep yang terorganisasi tentang alam sekitar, yang diperoleh dari pengalaman melalui serangkaian proses ilmiah antara lain penyelidikan, penyusunan dan penyajian gagasan-gagasan. Hal ini tentang Konduktor dan Isolator Panas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas VI C MI Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak menggunakan tahapan-tahapan sebagai berikut : Pra Siklus, Siklus I, Siklus II, dan Siklus III. Hasil Analisis pada observasi awal sebanyak 10 orang dari 31 siswa (Nilai rata-rata 53,15 %), pelaksanaan siklus I sebanyak 13 orang dari 31 siswa (Nilai rata-rata = 67,74/ 42 % siswa), siklus II sebanyak 26 orang dari 31 siswa ( Nilai rata-rata = 76,45/ 84 % siswa). Pada siklus III sebanyak 30 orang dari 31 siswa (Nilai rata-rata = 84.52/ 97 % siswa) Kata Kunci: Meningkatkan, Prestasi Belajar, Strategi Pembelajaran, Prepare, Organize, Work, Evaluate, dan Rethink (POWER)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 10 Oct 2019 07:02
Last Modified: 10 Oct 2019 07:02
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1750

Actions (login required)

View Item View Item