Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADIST MATERI SURAT AL - ’ ADIAT MELALUI MODEL CARD SORT KELAS IV MI ASNAL MATHALIB GEBANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

DURROTUN, NASIHAH (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADIST MATERI SURAT AL - ’ ADIAT MELALUI MODEL CARD SORT KELAS IV MI ASNAL MATHALIB GEBANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran selama ini yang dialami oleh siswa kelas IV MI Asnal Mathalib Gebang Bonang Demak dengan metode pembelajaran konvensional (ceramah) t idak membuahkan hasil yang optimal, sehingga banyak siswa nilai hasil belajarnya masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yaitu 70. Dan sebagai refleksi dari permasalahan tersebut, maka peneliti menerapkan metode pembelajaran baru yaitu pembelajara n kooperatif model Card Sort. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa dengan model Card sort pada mata pelajaran Al- Qur‟an Hadits kelas IV materi surat Al- „Adiat di Mi Asnal Mathalib Gebang . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Asnal Mathalib Gebang Bonang Dem ak tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian dari pra siklus ,siklus I, dan II menunjukkan adannya peningkatan. Hasil belajar kognitif siswa pada pra siklus dengan siswa yang tuntas 13 siswa atau 54% naik menjadi 18 siswa atau 75% pada siklus I dengan d an terakhir pada siklus II menjadi 22 siswa atau 92% ini menunjukkan siswa sudah memahami materi yang diajarkan setelah melakukan pembelajaran model card sort. Hasil keaktifan belajar mengalami peningkatan diman a 14 siswa atau 58% pada siklus I,dan di siklus II sudah mencapai 22 siswa atau 92%.Ini berarti keaktifan siswa dalam melakukan pembelajaran semakin baik,diantara keaktifan yang ditunjukkan siswa adalah siswa mencari kartu,keaktifan siswa mencari pasangan kartu,kea ktifan siswa mengomentari pasangan lain. Dari hasil penelitian ini menunjukkan ketuntasan belajar sudah mencapai diatas 90% begitu juga pada keaktifan baik terutama kategori aktif sekali dan aktif sudah mencapai 90%,dan hipotesis tindakan yang menyatakan t erjadi peningkatan hasil belajar pembelajaran mata pelajaran Al - Qur‟an Hadits materi surat Al -‟Adiat siswa kelas IV MI Asnal Mathalib Desa Gebang Kecamatan Bonang Kabupaten Demak tahun pelajaran 201 6/ 2017 pembelajaran model C ard So rt diterima. Kata Kunci : Penerapan Model Card Sort,Prestasi hasil belajar , M ata pelajaran A lqur‟an H adist

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 09 Oct 2019 03:33
Last Modified: 09 Oct 2019 03:33
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1741

Actions (login required)

View Item View Item