Yuisnaini, Anas (2019) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH MATERI SHALAT SUNNAH MUAKKAD DAN GHAIRU MUAKKAD SISWA KELAS VII DI MTS MIFTAHUL KHOIROT BRANJANG UNGARAN SEMARANG TAHUN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (437kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Materi fiqih yang berhubungan dengan syari‟at dan praktek dari syari‟at itu sendiri (ibadah) secara otomatis mengindikasikan adanya materi-materi yang berkaitan dengan perbuatan siswa. Penyampainnya tidak hanya dapat mengandalkan metode pembelajaran klasik yang cenderung satu arah dengan guru sebagai sumber pengetahuan tanpa adanya peran aktif peserta didik dapat menyebabkan kurang maksimal dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bermaksud untuk menjawab permasalahan sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan perencanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih materi shalat sunnah muakkad dan ghairu muakkad pada siswa kelas VII MTs Miftakhul Khoirot Branjang Ungaran 2) Bagaimana penerapan pelaksanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih materi shalat sunnah muakkad dan ghairu muakkad pada siswa kelas VII MTs Miftakhul Khoirot Branjang Ungaran 3) Bagaimana penerapan evaluasi metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih materi shalat sunnah muakkad dan ghairu muakkad pada siswa kelas VII MTs Miftakhul Khoirot Branjang Ungaran Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Jenis penelitian adalah kualitatif dan sumber data adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis domain, taksonomi, komponensial, tema kultural. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian 1) perencanaan metode demonstrasi meliputi, mempersiapkan RPP, mempersiapkan materi pembelajaran, mempersiapkan alatalat yang diperlukan, mengatur tempat yang akan digunakan. 2) pelaksanaan metode demonstrasi meliputi guru menunjuk salah satu siswa untuk maju di depan kelas untuk mendemonstrasikan, guru memberikan pertanyaan terkait dengan shalat sunnah muakkad dan ghairu muakkad, guru memberikan kesempatan kepada semua siswa mendemonstrasikan, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, dan memberikan kesimpulan. 3) pelaksanaan evaluasi metode demonstrasi meliputi, guru menentukan tujuan dilakukan evaluasi, menentukan aspek yang dinilai dari ranah kognitif, afektif dan psikomotorik, menentukan teknik evaluasi, menentukan pengukuran evaluasi dengan menggunakan skala, siswa dibagi beberapa kelompok, menentukan kriteria ketuntasan. Kata Kunci: Demonstrasi, Fiqih, Sunnah muakkad, Ghairu muakkad
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 04 Oct 2019 07:00 |
Last Modified: | 04 Oct 2019 07:00 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1732 |
Actions (login required)
View Item |