Oktaria Puspitasari, Putri Pribadi (2019) KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN ALAT PEMBELAJARAN LCD PROYEKTOR PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 4 KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (399kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA BARU.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Dalam pembelajaran PAI penggunaan alat pembelajaran sangat diperlukan untuk membantu seorang guru dalam memberikan suatu penjelasan, baik itu bersifat konkrit maupun abstrak, akan tetapi dalam penggunaan alat ini diperlukan suatu ke kreatifan dan ketrampilan yang dituntut pada seorang guru untuk menggunakan berbagai alat terutama sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah serta pemanfaatan lingkungan sebagai alat dalam proses pembelajaran di sekolah. Kreativitas guru sangat penting dalam kegiatan pembelajaran karena akan membantu siswa untuk meningkatkan semangat belajarnya. Fokus dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan. (1) Kreativitas Guru dalam menggunakan alat pembelajaran LCD Proyektor di SMK Negeri 4 Kendal (2) Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat yang dihadapi guru dalam menggunakan alat pembelajaran LCD Proyektor pada Mata Pelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Kreativitas guru dalam menggunakan LCD Proyektor pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 4 Kendal, (2) Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat yang dihadapi guru dalam menggunakan alat pembelajaran PAI di SMK Negeri 4 Kendal. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara (2) observasi (3) dokumentasi. Analisis pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif dengan melalui tahapan (1) reduksi data (2) penyajian data (3) conclusion drawing/ verivication. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi teknik. Kesimpulan penelitian menunjukkan:(1)Kreativitas guru dalam menggunakan alat pembelajaran LCD Proyektor pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 4 Kendal adalah guru selalu menyiapkan alat pembelajaran menggunakan LCD Proyektor sesuai dengan materi pembelajaran, seperti powerpoint, gambar-gambar serta film. (2) Faktor pendukung yang dihadapi guru dalam menggunakan alat pembelajaran LCD Proyektor pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 4 Kendal adalah bantuan visual, sebagai alternatif mengajar, membuat mengajar lebih mudah dan lebih baik, lebih efektif dan efisien, ramah lingkungan, membiasakan peserta didik dengan teknologi, mengikuti standar pendidikan. Adapun faktor penghambatnya adalah belum meratanya infrastruktur yang mendukung penerapan teknologi dan adanya ketidak siapan sumber daya manusia. Kata Kunci: Kreativitas Guru PAI, Menggunakan Alat LCD Proyektor
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 06:28 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 06:28 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1709 |
Actions (login required)
View Item |