Nur, Kholis (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI MATERI PERILAKU JUJUR DENGAN MODEL INQUIRI PADA SISWA KELAS X TBSM SMK PP ASSYYAFIIYAH KENDAL TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (550kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI materi perilaku jujur melalui model Inquiri di kelas X TBSM SMK PP Assyyafiiyah Kendal. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada pembelajaran PAI materi perilaku jujur melalui model Inquiri di kelas X TBSM SMK PP Assyyafiiyah Kendal. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X TBSM SMK PP Assyafiiyah Kendal tahun ajaran 2018/ 2019, dengan jumlah peserta didik 29 yang semua siswanya adalah laki-laki. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan, yang terfokus dalam kegiatan di kelas sehingga penelitiannya berupa Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research), yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelasnya. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah desain penelitian model siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan penelitian dibagi dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang didahului dengan tahap pra siklus. Pada tahap pra siklus menggunakan metode konvensional yang diterapkan oleh guru sebelum penelitian dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus rata-rata hasil belajar adalah 71,03 dengan prosentase sebesar 44,82%. Adapun keaktifan peserta didiknya adalah 45%. Hal ini menunjukkan perlu adanya penelitian tindakan agar dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Setelah dilakukan tahap siklus I rata-rata hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 73,1 dengan ketuntasan belajar 62,06%, sedangkan presentase keaktifan peserta didik adalah 65%. Pada siklus II setelah diadakan refleksi pelaksanaan tindakan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu rata rata hasil belajar sebesar 80,69 dengan ketuntasan belajar 86,2%, sedangkan presentase keaktifan peserta didik adalah 90%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam materi Perilaku Jujur kelas X TBSM SMK PP Assyafiiyah kendal semester gasal tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Meningkatkan, Hasil Belajar, Model Inquiri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 06:20 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 06:20 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1706 |
Actions (login required)
View Item |