Munawaroh, Munawaroh (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MATERI MENGKAJI QS. AL-KAFIRUN DAN AL-BAYYINAH MELALUI PENGGUNAAN METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS VII A MTS AL-KHOIRIYYAH SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (872kB) | Preview |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (887kB) |
||
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) |
||
|
Text
bab 5.pdf Download (665kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (727kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan agama Islam merupakan salah satu cara untuk melakukan perubahan. Mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits merupakan bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah yang diberikan kepada siswa agar siswa dapat memahami Al-Qur‟an dan Hadits sebagai sumber ajaran agama Islam dan mengamalkan isi kandungannya sebagai petunjuk serta landasan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits materi mengkaji QS. Al-Kafirun dan Al-Bayyinah di Kelas VII A MTs Al-Khoiriyyah Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII A yang berjumlah 17 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan metode Card Sort dapat meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran Al-Qur‟an Hadits materi mengkaji QS. Al-Kafirun dan Al-Bayyinah kelas VII A MTs Al Khoiriyyah Semarang. Terbukti dengan meningkatnya aktivitas siswa pada tiap siklusnya, pada tahap pra siklus aktivitas siswa 60,71%, tahap siklus II menjadi 78,57% dan pada tahap siklus II menjadi 92%. (2) Penggunaan metode Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Al-Qur‟an Hadits materi mengkaji QS. Al-Kafirun dan Al-Bayyinah di kelas VII A MTs Al Khoiriyyah Semarang. Terbukti dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa pada tiap siklusnya, pada tahap pra siklus siswa yang tuntas nilai KKM 70 yaitu 10 siswa atau 58,52%, tahap siklus I ada 14 siswa atau 82,35% dan pada siklus II semua siswa berjumlah 17 siswa atau 100% siswa telah tuntas nilai KKM. Kata Kunci: Hasil Belajar Al-Qur‟an Hadits, Metode Card Sort.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 06:05 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 06:05 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1701 |
Actions (login required)
View Item |