Lu’luul, Qomariyah (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMAHAMAN ILMU TAJWID (BACAAN IZHAR, IDGHAM, IQLAB, DAN IKHFA’) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE INDEX CARD MATCH DI KELAS III SD ANNIDA YA FATIMAH JEPATLOR TAYU TAHUN PELAJARAN. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (934kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (961kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (867kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (835kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (734kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (733kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Al-Qur‟an adalah salah satu komponen yang sangat penting, sehingga siswa dituntut untuk dapat memahami pembelajaran Al-Qur‟an dengan berbagai komponen di dalamnya. Salah satunya yaitu tentang tata cara melafalkan ayat-ayat al-Qur‟an dengan benar, sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam usaha meningkatkan hasil belajar adalah pemahaman siswa terhadap kompetensi dasar yang akan disampaikan, karena ukuran keberhasilan suatu pembelajaran dapat dilihat dari sejauh mana pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi yang telah disampaikan. Kreatifitas guru dalam memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang tepat bagi peserta didik akan sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran materi ilmu tajwid pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode Index Card Match di Kelas III SD Annida Ya Fatimah Jepatlor Tayu Tahun Palajaran 2017/2018 2) bagaimana peningkatan hasil belajar siswa materi ilmu tajwid pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Index Card Match di Kelas III SD Annida Ya Fatimah Jepatlor Tayu Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah PTK. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif, sedangkan tindakan kelas yang dilakukan adalah pra siklus, siklus satu dan siklus dua, untuk menentukan nilai dilakukan tes dan observasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan: 1) observasi, 2) tes, 3) wawancara, 4) dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif didukung dengan data kuantitatif. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan: 1) Pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi pemahaman ilmu tajwid dengan metode Index Card Match pada siswa kelas III SD Annida Ya Fatimah Jepatlor Tayu tahun pelajaran 2017/2018 dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu tahap pra siklus, silkus I dan siklus II. Setiap siklusnya diikuti 20 peserta didik, 2) Peningkatan hasil belajar pemahaman ilmu tajwid diupayakan melalui penerapan metode Index Card Match. Peningkatan dari pra siklus sampai siklus II sebanyak 40 %. pada siklus I, mencapai KKM 75 % dengan nilai rata-rata 78,5 meningkat dibandingkan dengan hasil pra siklus yang hanya 55 % dengan nilai rata-rata siswa 72,75. Pada siklus II mengalami peningkatan kembali yaitu 95 % dengan rata-rata nilai 86. Kata Kunci : Metode Index Card Match, Hasil Belajar, Pemahaman Ilmu Tajwid
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 02:39 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 02:39 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1694 |
Actions (login required)
View Item |