Itamuhun, Ni”mah (2019) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BACA HURUF HIJAIYAH BERHARAKAT MELALUI METODE GLENN DOMAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA KELAS 1 SD NEGERI PUNDENREJO TAYU PATI TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (763kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (784kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (540kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (595kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Membaca merupakan salah satu fungsi yang paling penting dalam hidup. Adanya kondisi siswa Sekolah Dasar Negeri Pundenrejo yang ditunjukkan dengan rendahnya kemampuan membaca terutama huruf hijaiyah berharakat oleh siswa kelas 1 melatar belakangi penelitian ini.Agarkegelisahan yang dirasakan tidak semakin meningkat, perlu dicarikan solusi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah melalui metode Glenn Doman pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan kemampuan baca huruf hijaiyah berharakatsiswa kelas 1 SD Negeri Pundenrejo Tayu Pati Tahun ajaran 2017/2018.2) Mengetahui peningkatan kemampuan baca huruf hijaiyah berharakatmelalui metode Glenn Doman pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas 1 SD Negeri Pundenrejo Tayu Pati tahun pelajaran 2017 / 2018 Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dengan melakukan tindakan 2 siklus, dimana siklus pertama dan siklus kedua ada tiga pertemuan.Sedangkanuntuk menentukan nilai dilakukan penilaian siswa dan guru serta observasi. Kegiatan pra-tindakan yang dilakukan oleh peneliti adalah prasiklusuntuk mengetahui kemampuan awal siswa. Tes ini dijadikan acuan untuk melakukan pembelajaran pada siklus pertama. Hasilnya nilai rata-rata pada prasiklus adalah ketuntasan belajar siswa hanya 55 % atau hanya 11 siswa yang tuntas dari 20 siswa dengan nilai rata-rata 72,75. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode Glenn Doman,hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus I yaitu ketuntasan belajar siswa mencapai 75 % atau 15 siswa yang tuntas dari 20 siswa dengan nilai rata -rata 78,5. Pada siklus II kembali mengalami peningkatan yaitu ketuntasan belajar siswa mencapai 95% atau 19 siswa tuntas dari total 20 siswa dengan nilai rata-rata 86.Hasil tersebut sesuai batas kriteria ketuntasan minimal yang telah ditargetkan dalam penelitian.Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa “ada peningkatan kemampuan baca huruf hijaiyahberharakat melalui metode Glenn Doman pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas 1 SD Negeri Pundenrejo Tayu Pati tahun pelajaran 2017 /2018” dapat diterima kebenarannya. Kata Kunci: Kemampuan baca, Metode Glenn Doman,PAI,Huruf Hijaiyah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 02 Oct 2019 03:16 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 03:16 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1682 |
Actions (login required)
View Item |