Wahid Hasyim University | Digital Repository

NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SURAT LUQMAN AYAT 12-19 (Kajian Tafsir Al-Misbah Karya Prof.Dr. Quraish Shihab)

FATKHUL, MUKHLIES (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SURAT LUQMAN AYAT 12-19 (Kajian Tafsir Al-Misbah Karya Prof.Dr. Quraish Shihab). Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (989kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (666kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Era sekarang ini banyak orang tua lupa akan pentingnya pendidikan karakter bagi anak dalam keluarga, mereka sibuk dengan karir dan urusan duniawi, sehingga perhatian kepada anak kurang mendapat porsi. Kajian penelitian ini surat Luqman akan menjadi contoh bagi orang tua agar kembali kepada fitrah orang tua dalam memberikan pendidikan dan perhatian kepada anaknya melalui teladan dari sosok Luqman Al-Hakim. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah tafsir Surat Luqman ayat 12-19 menurut Tafsir Al-Misbah, 2) Apa sajakah nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kisah Luqman al- Hakim pada Surat Luqman ayat 12-19 dalam tafsir Al-Misbah, 3) Apa metode yang digunakan untuk mencapai nilai-nilai karakter dalam kisah Luqman al-Hakim pada surat Luqman ayat 12-19. Penelitian ini bersifat Kepustakaan (librariy reseach) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode penggalian data dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teori dari Milles and Huberman dimana peneliti mencari data dan menyajikan kemudian mengverifikasi data yang tersaji kemudian diambil kesimpulan. Hasil penelitian (pertama) Tafsir surat luqman ayat 12-19 menurut Tafsir Al-Misbah adalah 1) Luqman adalah salah seorang manusia istimewa yang dianugerahi hikmah, 2) Salah satu hikmah terbesar adalah syukur, yakni memfungsikan anugerah dari Allah. 3) Pendidikan Luqman kepada anaknya didasari oleh rasa kasih sayang. 4) Meninggalkan yang buruk, yang puncaknya adalah syirik, 5) Tidak dibenarkan mematuhi siapapun, walau ibu bapak, dalam hal yang bertentangan dengan ajaran agama. 6) Wajib menghormati dan berbakti kepada orangtua. 7) Membiasakan anak shalat sejak dini. (kedua) Nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kisah Luqman al- Hakim pada Surat Luqman ayat 12-19 dalam Tafsir Al-Misbah berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan 1) Karakter Keimanan (Akidah), 2) Karakter Taat beribadah, 3) Karakter Amar Ma’ruf Nahi Munkar, 4) Karakter Bersyukur atas nikmat Allah, 5) Karakter Berbuat baik kepada kedua orang tua, 6) Karakter rendah hati (Larangan Sombong), 7) Karakter Sopan dan Santun dalam bertutur kata. (ketiga) Metode penanaman nilai karakter oleh Luqman Alhakim: 1. Keteladanan 2. Perintah 3. Larangan 4. wasiat 5. Reward 6. Punisment 7. Analogi 8. nasehat 9. Wasiat dengan kasih sayang

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 23 Aug 2018 03:56
Last Modified: 23 Aug 2018 03:56
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1290

Actions (login required)

View Item View Item