Wahid Hasyim University | Digital Repository

HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NAHDLATUSY SYUBBAN SAYUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SITI, SURYANI (2018) HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NAHDLATUSY SYUBBAN SAYUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perpustakaan sebagai tempat untuk memperlancar pencapaian tujuan proses pembelajaran di sekolah, dimana siswa mampu mencari, menemukan, menyaring, dan menilai informasi yang berasal dari perpustakaan tersebut. Selain itu keberadaan perpustakaan akan membantu proses belajar lebih aktif dan dinamis. Hal tersebut akan berdampak pada peningkatan prestasi siswa, dimana prestasi siswa akan menjadi lebih maksimal karena fasilitas sekolah yang mendukung. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah seberapa besar pemanfaatan perpustakaan sekolah mempengaruhi prestasi belajar siswa.Selain itu, untuk mengetahui adakah hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan (field research), dengan jumlah data responden berjumlah 35 siswa.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dipilih dengan maksud untuk mengidentifikasi hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, dokumentasi, observasi, dan interview. Hasil analisis secara deskriptif dengan menggunakan rumus korelasi product moment dari pearson menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa di MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini di buktikan dengan hasil perhitungan korelasi product moment “r”, diperoleh nilai r hasilsebesar 0,642 lebih besar dari pada nilai r tabel, baik pada taraf signifikan 5% yaitu 0.334 maupun 1% yaitu 0,430. Dari perhitungan korelasional tersebut, maka hipotesis alternative (Ha) dapat diterima yaitu “ada hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa di MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak Tahun Pelajaran 2016/2017”. Sedangkan hipotesis nihil (H o ) yang berbunyi “tidak ada hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa di MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak Tahun Pelajaran 2016/2017”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 20 Aug 2018 07:54
Last Modified: 20 Aug 2018 07:54
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1273

Actions (login required)

View Item View Item