SITI, SURYANI (2018) HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NAHDLATUSY SYUBBAN SAYUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (436kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Perpustakaan sebagai tempat untuk memperlancar pencapaian tujuan proses pembelajaran di sekolah, dimana siswa mampu mencari, menemukan, menyaring, dan menilai informasi yang berasal dari perpustakaan tersebut. Selain itu keberadaan perpustakaan akan membantu proses belajar lebih aktif dan dinamis. Hal tersebut akan berdampak pada peningkatan prestasi siswa, dimana prestasi siswa akan menjadi lebih maksimal karena fasilitas sekolah yang mendukung. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah seberapa besar pemanfaatan perpustakaan sekolah mempengaruhi prestasi belajar siswa.Selain itu, untuk mengetahui adakah hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan (field research), dengan jumlah data responden berjumlah 35 siswa.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dipilih dengan maksud untuk mengidentifikasi hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, dokumentasi, observasi, dan interview. Hasil analisis secara deskriptif dengan menggunakan rumus korelasi product moment dari pearson menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa di MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini di buktikan dengan hasil perhitungan korelasi product moment “r”, diperoleh nilai r hasilsebesar 0,642 lebih besar dari pada nilai r tabel, baik pada taraf signifikan 5% yaitu 0.334 maupun 1% yaitu 0,430. Dari perhitungan korelasional tersebut, maka hipotesis alternative (Ha) dapat diterima yaitu “ada hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa di MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak Tahun Pelajaran 2016/2017”. Sedangkan hipotesis nihil (H o ) yang berbunyi “tidak ada hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa di MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak Tahun Pelajaran 2016/2017”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 07:54 |
Last Modified: | 20 Aug 2018 07:54 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1273 |
Actions (login required)
View Item |