AYU, ROHMAWATI (2018) PERANAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEJUJURAN SISWA DI MTs. MIFTAHUL HUDA NGASEM BATEALIT JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (370kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Dalam peningkatan kualitas manusia Indonesia, guru merupakan suatu sistem yang tidak lepas dengan pembelajaran dan siswa. Hubungan guru, siswa, dan lingkungan masyarakat merupakan hubungan yang tidak terpisahkan dalam penerapan nilai-nilai kesopanan dan mutu pendidikan. Kualifikasi pendidikan adalah tingkat pendidikan yang disampaikan kepada siswa untuk mengukur kecerdasan siswa dan juga tingkat pendidikan penanaman nilai-nilai kejujuran. Nilai- nilai kejujuran sebagai salah satu komponen penting dalam proses belajar mengajar untuk menanamkan kesopanan siswa, karena sikap ini sangatlah penting untuk generasi muda yang berpendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat nilai-nilai kejujuran siswa diMTs. Miftahul Huda Ngasem Batealit Jepara yaitu (1) Pelaksanaan Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai-nilai Kejujuran Siswa, (2) Kondisi Kejujuran Siswa, (3) Peranan Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai-nilai Kejujuran Siswa. Sejumlah 19 guru, 1 Kepala Sekolah dan 216 siswa MTs. Miftahul Huda Ngasem Batealit Jepara dipilih untuk dijadikan sampel dalam penelitian ini, dengan mengunakan pendekatan kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi mengenai pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran siswa, sedangkan data untuk klasifikasi sekolah dikumpulkan melalui pemeriksan dukumen. Hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa : (1) Sebelum ada pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran masih dikatakan rendah, karena pembelajaran aqidah akhlak dalam penanamannya masih kurang, (2) setelah dilakukan evaluasi pelaksanaan pendidikan dan penanaman nilai-nilai kejujuran siswa dapat disimpulkan bahwa dengan pelaksanaan pendidikan dan peranan, semua siswa mengalami perubahan prilaku maupun sikap, dan proses belajar telah sesuai dengan tujuan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 07:47 |
Last Modified: | 16 Aug 2018 07:47 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1220 |
Actions (login required)
View Item |