Wahid Hasyim University | Digital Repository

PERBEDAAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL DAN GAYA EKSPLORASI TERBATAS TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VIII MTS MANBAUL ULUM TLOGOREJOKARANGAWEN DEMAK TAHUN AJARAN 2016

Abdul Khanif, Abdul Khanif (2017) PERBEDAAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL DAN GAYA EKSPLORASI TERBATAS TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VIII MTS MANBAUL ULUM TLOGOREJOKARANGAWEN DEMAK TAHUN AJARAN 2016. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah hasil belajar servis bawah bola voli kelas VIII Mts Manbaul Ulum Tlogorejo karangawen Demak yang kurang maksimal. Permasalahan skripsi ini untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar resiprokal dan gaya eksplorasi terbatas terhadap hasil belajar servis bawah bola voli kelas VIII Mts Manbaul Ulum Tlogorejo karangawen Demak. Gaya mengajar resiprokal yaitu saling menilai antar siswa. Gaya eksplorasi terbatas yaitu siswa bertugas menentukan sendiri respon yang sesuai. Servis adalah tindakan memukul bola yang dilakukan seorang pemain belakang yang dilakukan dari daerah servis langsung kedaerah lawan. Servis bawah bola voli adalah servis yang dilakukan dengan cara mengayunkan lengan dari bawah. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Matched Subjects Designs, didalam penelitian ini menggunakan purposive sample untuk di cari nilai rata-rata sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa untuk dibagi menjadi dua kelompok gaya mengajar resiprokal dan kelompok gaya mengajar eksplorasi terbatas. Teknik analisis menggunakan uji T-tes. Hasil penelitian data menunjukkan ada pengaruh positif terhadap gaya resiprokal , dari tes awal didapat nilai rata-rata 6,15 meningkat menjadi 19,85, ada peningkatan sebesar 13,70. Sedangkan gaya mengajar eksplorasi terbatas dari tes awal didapat nilai rata-rata 7,60 meningkat menjadi 12,85, ada peningkatan sebesar 5,25, dengan presentase gaya mengajar resiprokal mengalami peningkatan 5% sedangkan gaya mengajar eksplorasi terbatas mengalami peningkatan sebesar 3%. Kesimpulannya adalah gaya mengajar resiprokal lebih berpengaruh baik terhadap hasil belajar servis bawah bola voli dikelas VIII Mts Manbaul Umlum Tlogorejo Karangawen Demak Tahun 2016.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 20 Jun 2017 02:27
Last Modified: 20 Jun 2017 02:27
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/823

Actions (login required)

View Item View Item