Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH KOMUNIKASI KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI MIFTAHUL HUDA KRAJANBOGO BONANG DEMAK TAHUN AJARAN 2018/2019

Indah, Sharifatul Mulah (2019) PENGARUH KOMUNIKASI KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI MIFTAHUL HUDA KRAJANBOGO BONANG DEMAK TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Komunikasi keluarga adalah cara berinteraksi antara satu anggota dengan anggota lainnya dalam sebuah keluarga sekaligus wadah bagi setiap anggota dalam membentuk dan mengembangkan nilai-nilai yang dibutuhkan untuk pegangan hidup. Tujuan utama dari komunikasi keluarga adalah memberikan pemahaman melalui kata-kata, Gerak tubuh dan intonasi suara dalam penyampaian pesan dan perasaan serta tindakan langsung sebagai contoh penggambaran pesan yang ingin disampaikan. Komunikasi di dalam keluarga dilakukan agar terciptanya keadaan harmonis dan hubungan yang kuat dari interaksi antar anggota keluarga. Fokus dalam penelitian ini adalah mendiskripsikan: (1) pola komunikasi keluarga pada siswa di MI Miftahul Huda, (2) prestasi belajar siswa di MI Miftahul Huda, (3) pengaruh komunikasi keluarga terhadap prestasi belajar pada siswa di MI Miftahul Huda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan: (1) untuk mengetahui pola komunikasi keluarga pada siswa di MI Miftahul Huda, (2) untuk mengetahui prestasi belajar siswa di MI Miftahul Huda, (3) untuk mengetahui pengaruh komunikasi keluarga terhadap prestasi belajar pada siswa di MI Miftahul Huda.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan), dan menggunakan pendekatan kuantitatif, dan metode pengumpulan data menggunakan (1) angket, (2) wawancara, (3) observasi, (4) dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan (1) analisis pendahuluan, (2) analisis uji hipotesis, (3) analisis lanjutan, dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Kesimpulan dari penelitian ini adalah diketahui r-hitung = 0,449 yang berkisar antara interval 0,41-0,60, berdasarkan pedoman yang ada pada tabel kriteria korelasi product moment dapat kita nyatakan bahwa antara variabel X dan variabel Ymempunyai korelasi yang “sedang/cukup” pengaruh komunikasi keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Miftahul Huda Krajanbogo Bonang Demak yang diketahui dari variabel X da variabel Y mempunyai korelasi positif, yaitu sebesar 0,449 pada taraf signifikan 5% = 0,381, r-hitung 0,449> r-tabel 0,381, sehingga hasil penelitian ini adalahada pengaruh komunikasi keluarga terhadap prestasi belajar siswa di MI Miftahul Huda Krajanbogo Bonang Demak Kata kunci: Komunikasi, Keluarga, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 02 Jan 2020 06:47
Last Modified: 02 Jan 2020 06:47
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2197

Actions (login required)

View Item View Item