Suthee, Chonlathee (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM INTERAKSI ANTAR MANUSIA (STUDI ANALISIS DALAM Q.S. AL-BAQARAH AYAT 83, Q.S. AN-NISAA’ AYAT 36 DAN Q.S. AN-NAHL AYAT 90). Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (724kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (941kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Manusia diciptakan oleh Allah SWT sebagai makhluk yang paling mulia, yang hidup di bumi untuk melaksanakan tugas hidup adalah khalifah Allah SWT. Dengan demikian pendidikan akhlak mencakup pendidikan untuk kehidupan sekarang dan kehidupan yang akan datang secara bersama, apa yang ditanam dalam jiwa akan membuat proses diri sendiri dapat keberuntungan dan kesejahteraan. Juga tujuan pendidikan akhlak akan membuat sosial lingkungan aman. Fakus penelitian adalah Nilai-nilai pendidikan akhlak dan Tafsir ulama dalam Q.s. Al-Baqarah ayat 83, Q.s. An-nisaa` ayat 36, Q.s. An-Nahl ayat 90 yang digunakan penelitian library research bersifat kualitatif dengan menggambarkan konsep yang ada sesuai dengan data ditemukan. Dalam mengumpulkan data penulis pengumpulan data yang dilakukan didasarkan atas data primer dan data sekunder. Penulis melakukan analisa data dengan metode analitis tafsir tematik (tafsir mandu’i), yaitu mencoba memahami makna dalam interaksi antar sesama manusia dalam hal pendidikan Jadi, penekanannya pada pemahaman interaktif mengenai fenomena-fenom ena yang terjadi. Hasil penelitian adalah bahwa 1.)Tujuan pendidikan akhlak dalam islam akan membuat hamba menembah rasa rajin beribadah kepada rabnya, menguatkan keimanan dan ketaqwaan, juga Nilai-nilai pendidikan akhlak bukanlah suatu hal yang bersifat doktrinasi saja, namun nilai tersebut hendaknya tertanam dalam setiap individu. Pendidikan Islam menuntun dan mengarahkan manusia pada derrajat insan kamil dengan predikat nilai luhur. 2) Dalam agama Islam ada pandulan yang paling terbiak yaitu kitab suci Al-Qur’an yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW untuk umat nya mengikuti, dan pada Q.s. Al-Baqarah ayat 83, Q.s. An-nisaa’ ayat 36, Q.s. An-Nahl ayat 90 ini, para ulama menjelaskan bahwa seseorang ada kewajiban untuk berinteraksi sesama orang ketua, kerib-karebat, tetangga-tetangga yang dekat maupun y ang jauh, anak-anak yatim dan orang-orang miskin, orang dalam perjalanan, hamba sahaya dengan cara yang baik sopan santun tidak meremeh dan menghinakan orang tersebut. Dari demikian Al-Qur`an mendahulukan membuat kebaikan dari orang lebih dekat bergaul sampai yang terlalu jauh berketemu, hal ini menunjuk bahwa ketika barang siapa ingin perkembang umat Islam, harus mulai dari lingkungan yang kecil adalah lingkungan rumah tangga sampai lingkungan besar selanjutnya. Kata Kunci : Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Interaksi Sesama Manusia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 03:51 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 03:51 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2179 |
Actions (login required)
View Item |