Siti, Muzaiyanah (2019) PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAQ DI MTs AL HADI GIRIKUSUMA BANYUMENENG MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
Cover.pdf Download (928kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (484kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Guru Profesional adalah guru yang memiliki sejumlah kompetensi yang dapat menunjang tugasnya. Kompetensi yang harus dimiliki seorang guru, yaitu, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompeten sosial, kompetensi profesional. Guru sebagai komponen utama dalam dunia pendidikan dituntut mampu menghasilkan peserta didik yang memiliki kompetensi yang tinggi. Oleh karena itu, profesional guru diharapkan akan memberikan sesuatu yang positif yang berkenaan dengan keberhasilan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlaq di MTs Al Hadi Girikusuma Banyumeneng Mranggen Demak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kuantitatif, analisisnya meggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Profesionalisme guru di MTs Al Hadi Girikusuma Banyumeneng Mranggen Demak dalam kategori cukup, terlihat dari nilai rata-rata sebesar 60 yang termasuk dalam interval 57-63 dengan prosentase 50%. 2) Sedangkan prestasi belajar siswa MTs Al Hadi Girikusuma Banyumeneng Mranggen Demak dalam kategori cukup, terlihat dari nilai rata-rata sebesar 79 yang termasuk dalam interval 76-81 dengan prosentase sebanyak 57,70%. 3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara profesionalisme guru terhadap prestasi belajar Akidah Akhlaq siswa MTs Al Hadi Girikusuma Banyumeneng Mranggen Demak. Hal ini terbukti dengan perhitungan statistic dengan menggunakan rumus korelasi product moment yang hasilnya sebagai berikut: r tabel pada taraf signifikan 5% = 0,273, r tabel pada taraf signifikan 1%= 0,354. Berdasarkan analisis kuantitatif korelasi product moment sebesar ( ) = 0,401. Hasil kemudian diinterprestasikan secara sederhana dan berkonsultasi pada r tabel pada taraf signifikan 1% (0,401 > 0,354) dan pada taraf signifikan 5% (0,401 > 0,273). Karena r hitung lebih besar dari r tabel baik pada taraf signifikan 1% maupun 5% maka terdapat korelasi positif antara variabel profesionalisme guru dan prestasi belajar Akidah Akhlaq siswa MTs Al Hadi Girikusuma Banyumeneng Mranggen Demak. Dengan demikian hipotesis alternatif yang diajukan diterima Kata Kunci: Profesionalisme Guru, Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 03:11 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 03:11 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2174 |
Actions (login required)
View Item |