Mursi, Mursi (2019) PERANAN MUSYAWARAH DALAM MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN ILMU NAHWU TINGKAT TSANAWIYAH DI MADRASAH SALAFIYAH MIFTAHUL HIDAYAH PONDOK PESANTREN SALAF APIK KALIWUNGU KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (448kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Proses belajar mengajar yang bertujuan melatih peserta didik untuk berpikir lebih kritis, menghargai pendapat orang lain, dan melatih mereka agar dapat mengungkapkan pendapatnya dapat berlangsung dengan baik apabila seorang guru mampu menerapkan metode diskusi dengan baik. Maka seorang guru harus mampu mengelola proses pembelajaran sehingga dapat menghasilkan prestasi peserta didik yang berkualitas. Jadi dibutuhkan metode diskusi yang baik dan terencana, agar pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan target yaitu memberikan tingkat keberhasilan peserta didik dalam mendiskusikan pelajaran. Berdasarkan dari pemikiran di atas maka peneliti memfokuskan penelitian pada Peranan Musyawarah Dalam Mengembangkan Pemahaman Ilmu Nahwu Tingkat Tsanawiyah Di Madrasah Salafiyah Miftahul Hidayah Pondok Pesantren Salaf APIK Kaliwungu Kendal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan musyawarah dalam mengembangkan pemahaman ilmu Nahwu tingkat tsanawiyah di Madrasah Salafiyah Miftahul Hidayah Pondok Pesantren Salaf APIK, perencanaan dan pelaksanaan metode musyawarah, faktor pendukung dan penghambat, dan solusi yang ditempuh dalam pelaksanaan metode tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan penelitian kualitatif, juga menggunakan pendekatan penelitian fenomenologis. Sumber datanya berupa data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan Peranan Musyawarah Dalam Mengembangkan Pemahaman Ilmu Nahwu Di Madrasah Salafiyah Miftahul Hidayah Pondok Pesantren Salaf Apik Kaliwungu Kendal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan musyawarah, adalah mendekatkan pengurus pondok pesantren salaf APIK dengan santri Madrasah Salafiyah Miftahul Hidayah, mendekatkan hubungan sesama santri Madrasah Salafiyah Miftahul Hidayah, memotivasi pengurus dan santri untuk lebih semangat mempelajari dan mendalami ilmu Nahwu. Adapun perencanaan dan pelaksanaan musyawarah telah berjalan dengan baik, ditambah dengan solusi yang ditempuh untuk menghadapi faktor penghambat dalam pelaksanaan musyawarah. Kata Kunci: Perananan Musyawarah, Perencanaan dan Pelaksanaan Musyawarah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 04:46 |
Last Modified: | 27 Dec 2019 04:46 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2154 |
Actions (login required)
View Item |