Mujianto, Mujianto (2019) PENGARUH PEMAHAMAN MATERI AQIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 11 SEMARANG KELAS X MULTIMEDIA 3 TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (611kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (746kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk memperoleh informasi objektif mengenai pemahaman materi aqidah akhlak di SMK Negeri 11 Semarang, dan untuk mengetahui bagaimana perilaku sosial peserta di SMK Negeri 11 Semarang, dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman materi aqidah akhlak terhadap perilaku sosial peserta didik di SMK Negeri 11 Semarang kelas X Multimedia 3 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan deskriptif analisis. Pertama, mengenai pemahaman materi aqidah akhlak kedua, perilaku sosial peserta didik. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas X Multimedia 3 SMK Negeri 11 Semarang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara (1) Angket, (2) Observasi, (3) Wawancara, (4) Dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif, lalu untuk mengetahui pengaruh pemahaman materi aqidah akhlak terhadap perilaku sosial peserta didik, data dianalisis dengan menggunakan koefisien korelasi Product Moment. Hal ini untuk mengetahui tingkat korelasi kedua variabel tersebut. Pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan uji statistik dengan menggunakan korelasi poduct moment maka hipotesis yang menyatakan: “ada hubungan yang signifikan antara pemahaman materi aqidah akhlak terhadap perilaku sosial peserta didik SMK Negeri 11 Semarang Kelas X Multimedia 3 tahun pelajaran 2018/2019. Dari hasil perhitungan pada taraf signifikansi 5% maupun 1% dapat diterima, hal ini dibuktikan bahwa dari analisis uji hipotesis diperoleh nilai r xy adalah 0,473 dan dengan df sebesar 33 diperoleh r tabel pada taraf 5% signifikan sebesar 0,334; sedangkan pada taraf 1% diperoleh r tabel sebesar 0,430. Ternyata rxy atau ro (0,473) adalah lebih besar daripada r tabel (yang besarnya 0,334 dan 0,430). Karena rxy atau ro lebih besar dari r tabel, maka hipotesa alternatif (Ha) diterima dan hipotesa nihil (Ho) ditolak. Berarti terdapat kolerasi/pengaruh positif yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan/pengaruh yang baik dan cukup antara variabel pemahaman materi aqidah akhlak dengan variabel perilaku sosial peserta didik di SMK Negeri 11 Semarang. Kata Kunci : Pemahaman Materi Aqidah Akhlak, Perilaku Sosial Peserta Didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 04:34 |
Last Modified: | 27 Dec 2019 04:34 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2149 |
Actions (login required)
View Item |