Muhlisin, Muhlisin (2019) PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP AL MUSYAFFA’ KENDAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (478kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan pembelajaran merupakan aspek inti dalam proses pendidikan. Oleh karena itu, agar pembelajaran tidak berjalan secara monoton, maka guru berupaya menerapkan pendekatan yang sesuai dengan konteks pembelajaran. Sehingga dapat menyajikan pembelajaran secara menarik dan menyenangkan. Fokus penelitian ini adalah mendiskripsikan (1) Implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), (2) Problematika yang dihadapi dalam pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), (3) Solusi untuk mengatasi problematika dalam pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) Implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran PAI, (2) Problematika yang dihadapi dalam pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran PAI, (3) Solusi untuk mengatasi problematika dalam pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan gejala, peristiwa, serta kejadian yang terjadi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) observasi, (2) wawancara / interview dan (3) dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis non statistik dengan metode deskriptif kualitatif dengan cara menganalisis isi hasil penelitian. Kesimpulan penelitian menunjukan: (1) Implementasi pendekatan CTL dapat terlaksana dengan adanya 7 komponen yaitu: Kontruktivisme, Inquiry, Bertanya, Masyarakat belajar, Pemodelan, Refleksi dan Penilaian Otentik, (2) Problematika yang dihadapi dalam pendekatan CTL dalam pembelajaran PAI adalah kesulitan yang dihadapi guru dan siswa, (3) Solusi untuk mengatasi problematika dalam pendekatan CTL dalam pembelajaran PAI dilakukan untuk memecahkan permasalah yang dihadapi guru dan siswa Kata Kunci: Problematika, Implementasi, Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL), Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 04:30 |
Last Modified: | 27 Dec 2019 04:30 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2147 |
Actions (login required)
View Item |