Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTU KARTU SOAL PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS VII A SMP TAKHASUS PLUS AL MARDLIYAH KALIWUNGU SELATAN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Mohamad, Wahidin (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTU KARTU SOAL PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS VII A SMP TAKHASUS PLUS AL MARDLIYAH KALIWUNGU SELATAN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (605kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (32MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran Course Review Horay berbantu Kartu Soal pada mata pelajaran fiqih di kelas VII A SMP Takhasus Plus Al Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal, (2) Mengetahui prestasi belajar siswa setelah penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay berbantu Kartu Soal (3) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui Model Pembelajaran Course Review Horay berbantu Kartu Soal di kelas VII A SMP Takhasus Plus Al Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal Tahun Pelajaran 2018/2019”. Desain penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), yaitu suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan tertentu agar dapat memperbaiki atau meningkatkan praktek pembelajaran di kelas secara lebih profesional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 36 anak. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dan pada tiap-tiap siklus terdapat dua pertemuan. Sebelum melakukan siklus pertama, peneliti melaksanakan pra-siklus dengan cara mengamati proses belajar mengajar didalam kelas. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Model pembelajaran Course Review Horay berbantu Kartu Soal adalah pendekatan kontruktivis yang berdasarkan pada prinsip-prinsip membuat pertanyaan, mengajarkan ketrampilan metakognitif melalui pengajaran dan pemodelan oleh guru untuk meningkatkan ketrampilan membaca pada siswa yang berkemampuan rendah. Penelitian ini menunjukkan bahwa model Pembelajaran Course Review Horay berbantu Kartu Soal dapat meningkatkan prestasi belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran Fiqih di kelas VII A SMP Takhasus Plus Al Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata kelas sebelum dilakukan tindakan dan setelah pelaksanaan tindakan dengan hasil tes diakhir siklus I dan siklus II. Perolehan nilai rata-rata kelas pada pra siklus adalah 67,2 yakni 22,2% dan perolehan nilai rata-rata siklus I adalah 74,4 yakni 64,6% serta perolehan nilai rata-rata siklus II adalah 88,7 yakni 97,2%. Penelitian tersebut dapat memberikan acuan bagi pendidik dalam melakukan tugasnya sebagai agen pembelajaran nuntuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa Kata Kunci : Upaya, Pembelajaran, Course Review Horay berbantu Kartu Soal, Meningkatkan hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 21 Dec 2019 03:31
Last Modified: 21 Dec 2019 03:31
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2136

Actions (login required)

View Item View Item