Saifullah, Saifullah (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN DISCOVERY LEARNING PADA PELAJARAN IPA MATERI PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DI KELAS VI SEMESTER I MI MIFTAHUL FALAH JATIMULYO BONANG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (454kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (748kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas pelaksanaan tindakan kelas di MI Miftahul Falah Jatimulyo Bonang Demak dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas VI. Kajiannya dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA khususnya materi perkembangbiakan hewan. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang bersifat konvensional yakni lebih terpusat pada guru (absolutivisme). Dalam pembelajaran tersebut peserta didik hanya mendengarkan dan melaksanakan apa yang menjadi arahan dari guru, akibatnya hasil belajar peserta didik tidak sesuai dengan yang diinginkan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi perkembangbiakan hewan dikelas VI MI Miftahul Falah Jatimulyo Bonang Demak melalui penerapan pendekatan discovery learning. Studi penelitian ini proses pengumpulan datanya diperoleh dengan cara observasi, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI di MI Miftahul Falah dilaksanakan dengan jalan guru menjadi fasilitator selama pembelajaran. 2) Penggunaan pendekatan discovery learning pada proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan pendekatan discovery learning belum memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan persentase ketuntasan yang telah ditentukan. Namun setelah diterapkan pendekatan discovery learning dalam proses pembelajaran, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada hasil belajar yang dicapai pada tiap siklus mengalami peningkatan. Nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif pada pra siklus baru mencapai 60,95 dan persentase ketuntasan klasikal hanya mencapai 38,09%, naik pada siklus I menjadi 78,09 dan ketuntasan klasikal 85,71%, naik lagi pada siklus II menjadi 88,57 dan ketuntasan klasikal menjadi 95,23%. Ketuntasan belajar peserta didik ranah afektif pada pra siklus baru mencapai 54,49%, naik pada siklus I menjadi 67,19%, dan naik lagi pada siklus II menjadi 78,83%. Ketuntasan belajar peserta didik ranah psikomotor pada pra siklus hanya mencapai 48,67%, naik pada siklus I menjadi 67,72%, dan naik lagi pada siklus II menjadi 84,12%. Kata Kunci : Meningkatkan, Hasil Belajar, Pelajaran IPA, Discovery Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 02:56 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 02:56 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1770 |
Actions (login required)
View Item |