Anisah, Anisah (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN KELILING PERSEGI, PERSEGI PANJANG DAN SEGITIGA MELALUI METODE BERVARIASI DAN ALAT PERAGA PADA KELAS IVB SEMESTER I DI MI NURUL ITTIHAD BABALAN WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (859kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (475kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (586kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Berdasar pada latar belakang maslah bahwa proses pembelajaran Matenatika di MI Nurul Ittihad Babalan ini kurang berjalan efektif dan efesien. Hal ini disebabkan penggunaan metode pembelajaran yang klasik salah satunya menggunakan metode ceramah, sehingga siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan monoton sehingga motivasi siswa lemah. Hal ini menyebabkan prestasi yang dicapai siswa mengalami penurunan. Dari beberapa metodel pembelajaran, ada metode Bervariasi Dan Alat Peraga yang menarik dan dapat memicu peningkatan motivasi siswa . Pada dasarnya, Variasi adalah salah satu cara yang membuat siswa tetap konsentrasi dan termotivasi, sehingga kegiatan pembelajaran senantiasa berjalan dengan dinamis, artinya selalu terjadi berbagai variasi dan inovasi. . Fokus dalam penelitian ini pertama, Bagaimana penerapan Metode Bervariasi Dan Alat Peraga dalam meningkatkan hasil belajar Matematika Pokok Bahasan Keliling Persegi, Persegi Panjang Dan Segitiga kelas IVB Semester I MI Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak tahun 2016/2017?. Kedua, Apakah penerapan Metode Bervariasi Dan Alat Peraga dalam meningkatkan hasil belajar Matematika Pokok Bahasan Keliling Persegi, Persegi Panjang Dan Segitiga kelas IVB Semester I MI Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak tahun 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui penerapan Metode Bervariasi Dan Alat Peraga dalam meningkatkan hasil belajar Matematika Pokok Bahasan Keliling Persegi, Persegi Panjang Dan Segitiga kelas IVB Semester I MI Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak tahun 2016/2017. Kedua, Untuk mengetahui dampak penerapan Metode Bervariasi Dan Alat Peraga dalam meningkatkan hasil belajar Matematika Pokok Bahasan Keliling Persegi, Persegi Panjang Dan Segitiga kelas IVB Semester I MI Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak tahun 2016/2017. Tehnik Pengumpulan data dilakukan dengan Observasi, tes obyektif dan dokumentasi. Analisis pengumpulan data menggunakan (1) reduksi data, dan (2) penyajian data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan tehnik trianggulasi. Kesimpulan penelitian menunjukkan penerapan metode bervariasi dan alat peraga pada mata pelajaran Matematika tentang rumus keliling persegi, persegi panjang dan segitiga dapat meningkan hasil belajar siswa di kelas IVB MI Nurul Ittihad Babalan Kecamatan Wedung Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini terbukti terjadi perubahan peningkatan sebagai berikut: a. Pra siklus rata-rata 52,86, tuntas 21,43%, belum tuntas 78,57%, b. Siklus 1 ratarata 62,50, tuntas 46,43%, belum tuntas 53,57%, c. Siklus 2 rata-rata 74,29, tuntas 92,86%, belum tuntas 7,14% dan d. Siklus 3 rata-rata 81,07, tuntas 100%, belum tuntas 0%. Sedangkan Dampak metode bervariasi dan alat peraga pada mata pelajaran Matematika tentang rumus keliling persegi, persegi panjang dan segitiga dapat meningkan hasil belajar siswa di kelas IVB MI Nurul Ittihad Babalan Kecamatan Wedung Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2016/2017 memliki dampak sangat signifikan dalam pembelajaran kontekstual. Hal ini terbukti dari analisa peneliti dari kondisi awal sebelum tindakan sampai pada siklus 3 ketuntasan siswa mengalami peningkatan bahkan 100% siswa dapat tuntas. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Bervariasi Dan Alat Peraga
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 08 Oct 2019 02:38 |
Last Modified: | 08 Oct 2019 02:38 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1737 |
Actions (login required)
View Item |