Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE SNOWBALL DRILLING PADA MATA PELAJARAN SKI TEMA TOKOH SALAHUDDIN AL-AYYUBI DI KELAS VIII MTS TARBIYATUSH SHIBYAN MARGOMULYO JUWANA PATI TAHUN AJARAN 2017/2018

Abdul, Baits (2019) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE SNOWBALL DRILLING PADA MATA PELAJARAN SKI TEMA TOKOH SALAHUDDIN AL-AYYUBI DI KELAS VIII MTS TARBIYATUSH SHIBYAN MARGOMULYO JUWANA PATI TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (870kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (564kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran dikelas menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi soal dan tugas, dan juga pembelajaran interaktif disekolah. Sehingga kebanyakan siswa aktif dalam proses belajar mengajar. Hal ini akan berdampak pada hasil belajar siswa dan meskipun begitu masih banyak siswa yang mengikuti remidi karena skor yang diperoleh kurang memenuhi standar ketuntasan minimum yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengguanakan pendekatan kualitatif, yang dilaksanakan di MTs Tarbiyatush Shibyan Margomulyo Juwana Pati. Strategi yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode Snowball Drilling. Penelitian ini dilakukan tanggal 15 Mei tanggal 14 Juni 2018. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu: 1.Tahap pra siklus, 2. Tahap siklus I, 3. Tahap siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Snowball Drilling dapat meningkatkan hasil belajar siswa, meskipun belum mencapai 100%. Di kelas VIII pada pra siklus hasil belajar siswa dilihat dari prosentase ketuntasan belajar klasikal hannya mencapai 53,84%. Sedangkan pada siklus1 prosentase ketuntasan belajar mencapai 76,92%. Dan padasiklus II hasil belajar siswa dilihat dari prosentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 96,15%. Sedangkan pada hasil tes juga mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Snowball Drilling dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Tarbiyatush Shibyan Margomulyo Pati Tahun Ajaran 2017/2018. Metode Snowball Drilling dikembangkan untuk menguatkan pengetahuan yang diperoleh peserta didik dari membaca bahan-bahan bacaan dan digunakan untuk mendukung tahap prosentase pada metode pictorial riddle. Metode Snowball Drilling juga mendorong siswa untuk lebih termotivasi dalam belajar sehingga hasil prestasi belajar siswa dapat meningkat mencapai prosentase ketuntasan. Kata Kunci : Metode Snowball Drilling, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 02 Oct 2019 02:07
Last Modified: 02 Oct 2019 02:07
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1668

Actions (login required)

View Item View Item