Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SOFBOY DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES MATERI SOFTBALL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 NALUMSARI KABUPATEN JEPARA TAHUN 2018

Muhammad, Triyulianto (2018) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SOFBOY DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES MATERI SOFTBALL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 NALUMSARI KABUPATEN JEPARA TAHUN 2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (922kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (44kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya sarana prasaran pembelajaran khususnya untuk permainan softball di SMP N 2 Nalumsari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model permainan yang layak dijadikan sebagai alternatif pembelajaran permainan softball pada siswa Sekolah Menengah Pertama khususnya pada siswa SMP N 2 Nalumsari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Pengembangan model permainan ini melalui beberapa tahapan diantaranya: pendahuluan, penentuan dan pengumpulan materi, pembuatan produk awal, evaluasi dan revisi. Setelah melalui tahap pembuatan produk awal, kemudian produk tersebut divalidasi oleh ahli permainan ahli pembelajaran. Setelah itu produk diuji coba kepada siswa melalui tahap uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas VIII siswa SMP Negeri 2 Nalumsari. Data dikumpulkan melalui angket, dan wawancara. Hasil penilaian dari ahli permainan I dengan rerata skor 4,13 termasuk dalam kriteria “Baik” dan menurut ahli permainan II dengan rerata skor 4,4 termasuk dalam kriteria “Baik”. Menurut ahli pembelajaran I dengan rerata skor 4,6 termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan menurut ahli pembelajaran II dengan rerata skor 4,53 termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”, sedangkan untuk penilaian siswa pada uji skala kecil rerata skor pada keseluruhan penilaian siswa adalah 4,18 termasuk dalam kategori “Baik”. Pada uji coba skala besar rerata skor keseluruhan penilaian siswa adalah 4,18 termasuk dalam kategori “Baik”. Simpulan dari penelitian ini adalah bahawa model permainan Sofboy layak dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran permainan softball pada siswa Sekolah Menengah Pertama. Perlu adanya pengembangan lebih lanjut untuk menyempurnakan bentuk permainan Sofboy ini. Kata Kunci: Pengembangan, Pembelajaran Softball

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 07 Jan 2019 06:00
Last Modified: 07 Jan 2019 06:00
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1414

Actions (login required)

View Item View Item