Abidhin, Hamardikawan (2018) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT DENGAN METODE BERMAIN MALING DAN HANSIP UNTUK SISWA KELAS VII MTs SUDIRMAN JIMBARAN TAHUN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (59kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (744kB) | Preview |
Abstract
Lari cepat merupakan salah satu materi pokok dalam pembelajaran penjas namun proses pembelajaran yang dilakukan belum maksimal dan kurangnya inovasi serta modifikasi pembelajaran yang menyebabkan siswa menjadi kurang bersemangat sehingga materi tidak tersampaikan secara baik. Hal tersebut berpengaruh pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal, maka perlu adanya terobosan baru. Tujuan dari penelitian ini adalah: mengetahui Peningkatan hasil belajar lari cepat dengan menggunakan metode bermain pada kelas VII MTs Sudirman Jimbaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan dilapangan yang dilakukan oleh evaluator dan kuesioner siswa. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan rumus yang ada oleh evaluasi kolabolator yaitu guru penjas bersama peneliti. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB MTs Sudirman Jimbaran sebanyak 28 siswa. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh data dari pengamatan psikomotor rata-rata mencapai 76% (cukup) dan mengalami kenaikan pada siklus II mencapai 83% (baik), hasil dari kedua siklus tersebut kemudian dianalisis dengan rumus Hake’s Normalized Gain dan mengalami peningkatan sebesar 0,29 dengan kriteria rendah. Data hasil pengamatan afektif pada siklus I mencapai 72% (cukup) pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 84% (baik), setelah dianalisis dengan rumus Hake’s Normalized Gain dan mengalami peningkatan sebesar 0,42 dengan kriteria sedang. Dari hasil pemahaman siswa (kognitif) pada siklus I mencapai 70% (cukup) pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 84% (baik), Dari hasil data yang diperoleh maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran lari cepat dengan menggunakan metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu diharapkan bagi guru penjasorkes di MTs Sudirman Jimbaran dapat menggunakan modeifikasi pembelajaran dengan menggunakan metode bermain dalam memberikan materi penjas khususnya lari cepat. Pembelajaran dengan mengunakan metode bermain dapat dijadikan alternatif sistem pengajaran agar suasana pembelajaran selalu menyenangkan sesuai tujuan dalam pembelajaran PAIKEM. Keywords: Learning, game Thief and Hansip, sprint
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 15 Dec 2018 03:09 |
Last Modified: | 15 Dec 2018 03:09 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1374 |
Actions (login required)
View Item |