Wahid Hasyim University | Digital Repository

KOMPETENSI DAN KREATIVITAS GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MI NEGERI DI KENDAL

Misbakhul, Munir (2018) KOMPETENSI DAN KREATIVITAS GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MI NEGERI DI KENDAL. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
0.1. COVER.pdf

Download (916kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0.2. BAB I.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text
0.3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
0.4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
0.5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img]
Preview
Text
0.6. BAB V.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0.7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (849kB) | Preview

Abstract

Tugas seorang guru dalam pembelajaran bukan hanya menyampaikan ilmu pengetahuan yang terkandung dalam sebuah mata pelajaran, tetapi juga bagaimana mengembangkan pembelajaran agar berlangsung menyenangkan, suasana kelas yang mengasyikkan, dari aspek penataan fisik maupun penataan tempat duduk siswa, menjadi tugas guru yang tidak bisa dikesampingkan dalam konteks pendidikan kontemporer. Dalam aspek penataan ruang pun, ruang kelas yang ada di Indonesia mayoritas berbentuk segi empat, dengan model penataan meja kursi yang berderet dan berjajar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1). Bagaimana kompetensi dan kreativitas guru dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Negeri 1 Kendal ? 2) Bagaimana hambatan dan pendukung kompetensi dan kreativitas guru dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Negeri 1 Kendal? 3) Bagaimana solusi untuk mengatasi hambatan dan pendukung kompetensi dan kreativitas guru dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Negeri Kendal? Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dimana prosedur penelitian menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati serta diarahkan pada latar belakang obyek penelitian secara holistic (utuh). Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu penyelidikan yang mendalam dari suatu individu, kelompok atau institusi. Studi kasus bertujuan untuk memberikan gambaran secara mendetail tentang latar belakang, sifat-sifat serta karakter yang khas dari kasus atau status dari individu yang kemudian sifat -sifat khas tersebut dijadikan suatu hal yang bersifat umum. Sedangkan perspektif penelitian ini adalah perspektif fenomenologis, yaitu mencari kebenaran sesuatu d engan cara menangkap fenomena dan gejala yang memancar dari objek yang diteliti. Penelitian fenomenologis dianggap paling tepat untuk melihat fenomena (peristiwa) yang berlangsung pada guru dan siswa di MI Negeri 1 Kendal, di mana mereka adalah subjek sekaligus objek penelitian. Kreativitas guru dalam pengelolaan kelas merupakan gejala utama dari objek yang akan diteliti. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Kompetensi dan kreativitas guru MIN 1 Kendal antara lain kompetensi profesional, guru harus minimal berpendidikan sarjana. Kompetensi pedagogik erat kaitannya dengan kompetensi kreativitas, belum banyak dimiliki oleh guru, apalagi dengan diterapkannya Kurikulum 2013, masih banyak guru yang memerlukan adaptasi. Hambatan dan pendukung kompetensi dan kreativitas guru dalam pengelolaan kelas. Faktor penghambat kompetensi dan kreativitas guru adalah belum semua guru di MIN 1 Kendal melanjutkan jenjang S.2 dan S.3. 2) Hambatan lainnya adalah mengatur anak-anak usia SD/MI cukup susah karena mereka cenderung senang bermain dan tidak berani mengekspresikan perasaannya. Pendukung kompetensi dan kreativitas guru dalam pengelolaan kelas antara lain secara geografis Kendal dekat dengan Semarang sehingga guru mudah mengikuti diklat, seminar, lokakarya pendidikan. Pendukung lainnya adalah faktor keterlibatan orangtua siswa dalam pembelajaran anaknya. 3) Solusi untuk mengatasi hambatan dilakukan dengan program madrasah, misalnya pelatihan Kurikulum 2013. Kepala Madrasah tidak bosan mendorong guru untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pascasarjana dan mendelegasikan guru untuk ikut pelatihan kurikulum 2013 yang diselenggarakan di Semarang atau kota lain. Madrasah sering mengadakan studi banding ke sekolah lain agar wawasan guru dalam met ode pembelajaran semakin luas. Kata Kunci : Kompetensi Guru, Kreativitas Guru, Pengelolaan Kelas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 29 Nov 2018 02:05
Last Modified: 29 Nov 2018 02:05
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1352

Actions (login required)

View Item View Item