KARSIMIN, KARSIMIN (2018) MANAJEMEN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI FIRROCHMAN GLUNTUNGAN DESA BANJARSARI KECAMATAN KRADENAN. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (678kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran tematik adalah kegiatan belajar mengajar dengan memadukan materi dengan beberapa mata pelajaran dalam satu tema. Pembelajaran tematik lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses belajar secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan pelaksanaaan manajemen pembelajaran tematik, Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat, serta upaya mengoptimalkan faktor pendukung dan meminimalisir faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran tematik di MI Firrochman Gluntungan Desa Banjarsari Kec. Kradenan Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Firrochman Gluntungan Desa Banjarsari Kec. Kradenan. Subyek penelitian adalah guru sedangkan informannya adalah kepala sekolah, perwakilan guru, staff dan murid. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triagulasi. Adapun analisis data menggunakan interaktif model yang meliputi pengumpulan data, redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Di MI Firrochman Gluntungan telah menerapkan model pembelajaran tematik, dapat dilihat dari berbagai rencana pengelolaan pelaksanaan pembelajaran yaitu 1) Perencanaan tematik 2) Pengorganisasian 3) Pelaksanaan pembelajaran tematik di MI Firrochman yang meliputi: a) kegiatan pembukaan b) kegiatan Inti c) kegiatan penutup. 4) Pengawasan/kontrooling 5) Evaluasi Faktor pendukung manajemen pelaksanaan pembelajaran tematik di MI Firrochman telah berjalan dengan baik, didukung oleh, a) kurikulum. b) bangunan kelas dan fasilitas. c) guru. d) Siswa. e) dinamika kelas f) yayasan. Adapun faktor penghambat manajemen pelaksanaan pembelajaran tematik di MI Firrochman, antara lain: a) guru, b) kesadaran peserta didik dalam memenuhi tugas dan haknya sebagai anggota kelas atau sekolah dapat menjadi faktor utama yang menyebabkan hambatan manajemen kelas. c) keluarga, sikap otoriter orang tua akan tercermin dalam perilaku aggresive dan apatis para siswa. Aspek yang dapat mengoptimalkan aspek pendukung dan meminimalkan hambatan terhadap implementasi pembelajaran tematik adalah (a) lingkungan masyarakat. (b) ketersediaan waktu (c) motivasi guru k epada siswa untuk belajar tentang aspek kehidupan, (d) Mengelola institusi pendidikan dengan manajemen pendidikan Islam yang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BD Speculative Philosophy |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 23 Aug 2018 04:12 |
Last Modified: | 23 Aug 2018 04:12 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1292 |
Actions (login required)
View Item |