Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI PENGAJARAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DALAM PEMBENTUKAN SIKAP TA’DZIM SISWA KEPADA GURU DI MTs NURUL HUDA BADONG SIDOGEMAH SAYUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Zainal, Abidin (2018) IMPLEMENTASI PENGAJARAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DALAM PEMBENTUKAN SIKAP TA’DZIM SISWA KEPADA GURU DI MTs NURUL HUDA BADONG SIDOGEMAH SAYUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (604kB) | Preview
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam kitab Ta‟limul Muta‟allim tersajikan beberapa bentuk uraian yang mengandung tutur kata yang lembut, kisah-kisah atau dongeng syair-syair pada waktu dulu, dimana penyajian yang semacam ini diharapkan bagi siapapun yang mempelajarinya akan mendapatkan kemudahan dalama memahaminya. Dalam interaksi edukasi (proses pembelajaran) metode pembelajaran mempunyai peranan sentral, guru sebagai pendidik, pengajar, pelatih, pembimbing dan penstransfer ilmu yang merupakan subyek untuk menentukan bagaimana agar interaksi tersebut dapat hidup dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Metode pengajaran adalah cara yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan pesan (materi) kepada anak didik (siswa) atau dapat dikatakan bahwa metode mengajar adalah cara yang digunakan oleh guru dalam rangka mengadakan hubungan dengan anak didik pada saat berlangsungnya pengajaran. Sumber data pada penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan dan guru di MTs. Nurul Huda Badong Sidogemah Sayung Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi pola berpikir Induktif dan pola berpikir deduktif. Hasil penelitian menunjukkan: Pengajaran kitab ta‟lim muta‟allim di MTs Nurul Huda Badong Sidogemah sayung menggunakan metode baru ala pesantren, yaitu guru membacakan makna kitab ta‟lim muta‟allim, sedangkan murid memaknainya (makna gandul) metode ini disebut bandongan. Di MTs Nurul Huda badong sidogemah sayung dalam membentuk sikap ta‟dzim siswa kepada guru dengan cara menanamkan dan membiasakan sikap ta‟dzimsiswa kepada guru. Sedangkan sikap ta‟dzimnya sebagai berikut : menjawab salam guru, tertib dalam kelas, bersikap sopan santun, mendengarkan penjelasan dari guru, berjabat tangan saat akan masuk ke sekolah dan saat pulang, menjawab saat ditanya guru,selalu mengucapka salam ketika bertemu guru, menjaga nama baik almamater madrasah.Dalam pelaksanaan pengajaran kitab ta‟lim muta‟allim di MTs Nurul Huda badong sidogemah sayung sudah sesuai dengan teori, artinya sebelum pelaksanaan pengajaran guru membuat pengajaran program, perencanaan pembelajaran dengan menentukan metode dan pendekatan yang sesuai dengan karakter peserta didik. Dan setelah pelaksanaan guru melakukan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana perkembangan peserta didik dalam menerima materi dan mengimplementasikannya dalam kegiatan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 20 Aug 2018 08:33
Last Modified: 20 Aug 2018 08:33
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1283

Actions (login required)

View Item View Item