Wahid Hasyim University | Digital Repository

STUDI KORELASI ANTARA KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB (STUDI KASUS KELAS VIII A MTS SALAFIYAH KALANGLUNDO NGARINGAN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018)

Siti, Miftachur Rochmah (2018) STUDI KORELASI ANTARA KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB (STUDI KASUS KELAS VIII A MTS SALAFIYAH KALANGLUNDO NGARINGAN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018). Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
cover PDF.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 PDF.pdf

Download (813kB) | Preview
[img] Text
BAB II PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[img] Text
BAB III PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text
BAB IV PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img]
Preview
Text
BAB V PDF.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN PDF.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan Baca Tulis Al-Qur‟an merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik. Dengan kemampuan baca tulis al-Qur‟an yang baik akan membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran bahasa arab. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemampuan baca tulis al-Qur‟an dengan prestasi belajar bahasa arab (Studi kasus kelas VIII A MTs Salafiyah Kalanglundo Ngaringan Grobogan tahun pelajaran 2017/2018). Jenis penelitian yang digunakan penelitian adalah field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kuantitatif, analisisnya menggunakan rumus product moment. Setelah diadakan penelitian, maka peneliti mendapatkan hasil sebagai berikut: 1) Kemampuan baca tulis Al-Qur‟an siswa melalui nilai tes BTA yang dilakukan oleh peneliti secara keseluruhan menunjukkan bahwa nilai rata-ratanya cukup baik, ini terlihat dari nilai rata-rata sebesar 42,7 yang termasuk dalam interval 41-44. 2) Prestasi mata pelajaran bahasa arab siswa kelas VIII A MTs Salafiyah Kalanglundo Ngaringan Grobogan tergolong baik, ini terlihat dari nilai rata-rata sebesar 78,8 yang termasuk dalam interval 78-79. 3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan baca tulis al-Qur‟an dengan prestasi belajar bahasa arab (studi kasus kelas VIII A MTs Salafiyah Kalanglundo Ngaringan Grobogan tahun pelajaran 2017/2018). Hal ini terbukti berdasarkan perhitungan statistik, dengan menggunakan rumus korelasi product moment yang hasilna sebagai berikut: pada taraf signifikan 5% = 0,374, pada taraf signifikan 1% = 0,479. Berdasarkan analisis kuantitatif korelasi product moment sebesar (Rxy) = 0,731. Hasil tersebut kemudian diinterprestasikan secara sederhana dan berkonsultasi pada pada taraf signifikan 1% (0,731 > 0,479) dan pada taraf signifikan 5% (0,731 > 0,374). Karena nilai lebih besar dari baik pada taraf signifikan 1% maupun 5% maka terdapat korelasi positif antara variabel kemampuan baca tulis al-Qur‟an dengan variabel prestasi belajar bahasa arab siswa kelas VIII A MTs Salafiyah Kalanglunglundo Ngaringan Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 20 Aug 2018 07:52
Last Modified: 20 Aug 2018 07:52
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1272

Actions (login required)

View Item View Item