ISNANI, RIWAYANTI (2018) PERILAKU KEAGAMAAN SHALAT DAN HUBUNGAN SOSIAL ANAK (STUDI KASUS PADA SANTRI TPQ NURUL QUR’AN MUNTUKSARI ROWOSARI TEMBALANG SEMARANG). Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (301kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
TPQ merupakan suatu sarana bantu dalam memberikan pengetahuan keagamaan terhadap anak selain dari lingkungan keluarga. TPQ selain merupakan wahana belajar agama, membantu pembentukan perilaku pada anak dan juga sebagai wahana bermain serta berkumpul bagi anak, yang tentunya dalam menyampaikan materi disesuaikan dengan keinginan pada usia mereka. Metode yang digunakan dalam pendidikan TPQ yang didasarkan pada fitrah kejiwaan anak dengan pola pendekatan “happy learning” (keceriaan) sangat diperlukan dalam menunjang keberhasilan pendidikan dan pengajaran TPQ untuk membentuk perilaku keagamaan anak dalam beribadah dan berhubungan sosial. Penelitian berbasis penelitan kualitatif deskriptik ini mencoba menguraikan secara mendalam bagaimana dan usaha apa saja yang dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan pada Santri Taman Pendidikan AlQur’an (TPQ) Nurul Quran Muntuk Sari Rowosari Tembalang Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam menggali informasi adalah wawancara, dokumentasi serta observasi. Informasi yang diterima kemudian dianalisa dengan metode triangulasi dan keabsahan data. Setelah melakukan wawancara, dokumentasi serta observasi, diperoleh data bahwa pelaksanaan ibadah shalat pada santri TPQ Nurul Quran Muntuksari Rowosari masih sebatas pada pelaksanaan shalat Maghrib dan Isya’, hal ini dikarenakan pada waktu tersebut anggota keluarga sudah berada di rumah setelah melakukan aktivitasnya masing-masing pada siang hari. Sehingga selalu dapat mengontrol dan mengingatkan mereka untuk melaksanakan shalat tersebut. Selain itu, adanya kegiatan TPQ yang dilaksanakan hingga menjelang Maghrib, juga dapat memotivasi mereka untuk melaksanakan shalat secara berjama’ah di masjid. Para santri TPQ ini berada pada lingkungan sosial kemasyarakatan yang selalu menjaga perilaku serta sikap sopan santun, sehingga para santri Taman Pendidikan Al-Qur’an ini dapat berhubungan sosial serta berinteraksi dengan baik terhadap lingkungan mareka, baik dengan orang tua, teman, ataupun dengan para ustadz dan ustadzah di TPQ. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku keagamaan anak, yaitu meliputi: Pertama, pengaruh keluarga; kedua, pengaruh Taman Pendidikan Al- Qur’an; ketiga, pengaruh dari sekolah; keempat, pengaruh teman bermain; dan kelima, pengaruh modernitas dari gadget dan televisi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 04:20 |
Last Modified: | 20 Aug 2018 04:20 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1236 |
Actions (login required)
View Item |