Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH KOMUNIKASIGURU PAI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS X SMA MA’ARIF NU JATINEGARA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015

IKHWANI, IKHWANI (2018) PENGARUH KOMUNIKASIGURU PAI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS X SMA MA’ARIF NU JATINEGARA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya adalah faktor guru dalam melakasanakan proses belajar mengajar, karena secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan dan juga ketrampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan diatas dan untuk mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan memiliki cara/model yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah : (a) Bagaimana tingkat pemahaman siswa dalam pembelajaran PAI dengan adanya komunikasi guru PAI yang baik? (b) Bagaimana pengaruh komunikasi guru PAI terhadap tingakat pemahaman siswa dalam pembelajaran PAI ? Tujuan dari penelitian ini adalah : (a) Ingin mengetahui tingkat pemahaman siswa setelah adanya komunikasi guru y ang baik? (b) Ingin mengetahui pengaruh tingkat pemahaman siswa setelah adanya komunikasi guru yang baik? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Ma‟arif NU Jatinegara Tegal tahun pelajaran 2014/2015. Data yang diperoleh berupa hasil penyebaran instrument kuesioner atau angket untuk menjaring data tentang komunikasi guru Pendidikan Agama Islam (variabel X) dan tingkat pemahaman siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (variabel Y), juga merupakan penelitian populasi dengan subyek penelitian 40 responden. Dari hasil analisis didapatkan bahwa tingkat pemahaman siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah menggunakan metode komunikasi guru yang baik. I ni dilihat dari hasil perhitungan r tabel (rt) dengan N = 40 pada taraf signifikan 5 % = 0,815 lebih besar jika dibandingkan r tabel (0,815 > 0,312) dan juga pada taraf signifikan 1 % (0,815 > 0,403).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 20 Aug 2018 04:14
Last Modified: 20 Aug 2018 04:14
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1234

Actions (login required)

View Item View Item