EKA, KURNIAWAN (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE SOROGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI MA ROUDLOTUL MUBTADIIN BALEKAMBANG NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (373kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Bagaimanakah pelaksanaan metode sorogan santri/ siswa di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara tahun pelajaran 2016/2017; (2) Bagaimanakah kemampuan membaca kitab kuning santri/siswa di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara tahun pelajaran 2016/2017; (3) Untuk mengetahui Adakah pengaruh metode sorogan terhadap kemampuan membaca kitab kuningdi Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif karena bersifat angka-angka serta analisis menggunakan statistik. Untuk memperoleh data yang obyektif, maka digunakan bentuk penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian untuk memperoleh data-data lapangan dengan cara langsung datang ke madrasah yang akan dijadikan objek penelitian. Objek dalam penelitian ini adalah siswa MA Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara TP 2016/ 2017 dengan jumlah populasi sebanyak 359 siswa/ peserta didik, sedangkan sampel yang diambil berjumlah 30 responden. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data menggunakan metode kuesioner (angket) dalam bentuk pernyataan. Untuk pengolahan data menggunakan analisis korelasi product moment. Variabel yang diteliti yaitu penerapan metode sorogan (variabel x) dengan kemampuan Membaca Kitab Kuning siswa (variabel y). Hasil penelitian menggunakan korelasi product moment menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara pengajaran kitab Imrithi Dengan kemampuan Membaca Kitab Kuning siswa MA Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara TP 2016/ 2017 pada taraf sigifikan 5% dan pada taraf signifikan 1% terdapat korelasi yang signifikan antara penerapan metode sorogan. Karena pada kenyataannya nilai r hitung (koefisien korelasi) yang diperoleh, yaitu 0,640, lebih besar dari r tabel, pada taraf signifikansi 5% (r hitung > r tabel = 0 ,640> 0,361) dan pada 1% ( r hitung > r tabel = 0,640< 0,463). Kemudian tidak negatifnya koefisien korelasi yang diperoleh menunjukkan adanya korelasi sejajar yang searah (positif) antara variabel X dan variabel Y. Jadi, apabila penerapan metode sorogan itu naik, akan diikuti pula oleh naiknya kemampuan membaca kitab kuning. Koefisien determinasi (KD = rxy2 x 100) sebesar 64; ini berarti bahwa 64% kemampuan membaca kitab kuning (variabel Y) turut ditentukan oleh peerapan metode sorogan (variabel X).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 01:48 |
Last Modified: | 20 Aug 2018 01:48 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1227 |
Actions (login required)
View Item |