Dita, Sugianawati (2018) IMPLEMENTASI SUPERVISI PEMBELAJARAN ALQUR’AN HADITS OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU ALQUR’AN HADITS DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SEMARANG TAHUN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (464kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (660kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Guru memegang peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar yaitu sebagai pentransfer ilmu pengetahuan. Guru merupakan faktor penentu dalam mencapai tujuan pendidikan dan peningkatan hasil belajar peserta didik.Sebagai seorang pendidik, kompetensi pedagogik merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh guru, karena kompetensi inilah yang membedakan antara profesi guru dengan profesi yang lain. Kompetensi pedagogik merupakan komampuan guru dalam mengelola kelas. Dengan dikuasainya kompetensi pedagogik diharapkan dapat menciptakan kelas yang kondusif. Oleh karena itu, dibutuhkan usaha untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, salah satu usaha tersebut adalah dengan adanya supervisi pembelajaran. Fokus dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) implementasi supervisi pembelajaran oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru alquran hadits di SMP Muhammadiyah 4 Semarang tahun 2017/2018 (2) teknik yang dipakai kepala sekolah dalam supervisi pembelajaran di SMP Muhammadiyah 4 Semarang tahun 2017/2018 (3) faktor pendukung dan faktor penghambat supervisi pembelajaran di SMP Muhammadiyah 4 Semarang tahun 2017/2018. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan: (a) wawancara, (b) observasi, (c) dokumentasi. Analisis pengumpulan data menggunakan: (a) reduksi data dan (b) penyajian data. Kesimpulan penelitianmenunjukkan: (1)Ada 7 pelaksanaan Implementasi supervisi pembelajaran oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru alquran hadits di SMP Muhammadiyah 4 Semarang, yaitu: (a) Supervisi pembelajaran guru alquran hadits untuk mengenal karakteristik peserta didik; (b) Supervisi pembelajaran untuk menguasai teori belajar dan prinsip‐prinsip pembelajaran guru al quran hadits; (c) Supervisi pembelajaran untuk mengembangkan kurikulum alquran hadits; (d) Supervisi pembelajaran dalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang mendidik; (e) Supervisi Pembelajaran Al Quran hadist untuk Mengembangkan Potensi Peserta Didik; (f) Supervisi pembelajaran Melakukan Komunikasi dengan Peserta Didik; (g) Supervisi pembelajaran Al Quran Hadits dalam Menilai dan Mengevaluasi Pembelajaran. (2) Ada 2 teknik dalam supervisi pembelajaran yang dilaksanakan, yaitu teknik individual dan kelompok. (3) faktor pendukung pelaksanaan supervisi pembelajaran yaitu a) adanya hubungan yang harmonis dalam pelaksanaan supervisi b) kesiapan mental guru c) kemauan guru untuk meningkatkan kompetensinya d) keaktifan guru dalam mengikuti pelatihan In House Training (IHT) e) sarana dan prasarana yang memadai f) tertibnya kondisi di dalam kelas ketika sedang berlangsung proses belajar mengajar. Dan ada faktor penghambat,faktor tersebut yaitu kurangnya koordinasi dan waktu antara kepala sekolah dengan tim supervisi dalam menyusun program supervisi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 01:46 |
Last Modified: | 20 Aug 2018 01:46 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1226 |
Actions (login required)
View Item |